Alvi Warda


Wartawan Tadatodays.com | 2022-09-21 07:31:24

10 Jam Kebakaran Pabrik Kayu Wonomerto, Rugi Miliaran Rupiah

PEMADAMAN: Upaya pemadaman kebakaran pabrik kayu PT Sengon Anugerah Nusantara di Jl Raya Patalan, Desa Sepuh Gembol, Wonomerto Kabupaten Probolinggo, berlanjut sampai Rabu (21/9/2022) sekitar pukul 06.00.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kebakaran pabrik pengolahan kayu PT Sengon Anugerah  Nusantara berlangsung sejak Selasa (20/9/2022) sekitar pukul 20.00. Namun, api yang membakar pabrik kayu di Jl Raya Patalan, Dusun Sak Sak, Desa Sepuh Gembol, Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo itu belum tuntas dipadamkan sampai Rabu (21/9/2022) sekitar pukul 06.00. 

Sudah sepuluh jam kebakaran pabrik kayu tersebut terjadi. Berdasar pantauan tadatodays.com di lokasi, sampai Rabu sekitar pukul 06.00, petugas pemadam kebakaran (damkar) masih sibuk  melakukan pemadaman api di beberapa bagian pabrik. 

Baca Juga : Memasak, Ditinggal Mengantar Anak, Dapur Ludes Terbakar

Beberapa bangunan yang disebut sebagai gudang, terlihat roboh. Tidak ada furnitur pabrik yang tersisa. Yang terlihat masih tersisa hanya bagian-bagian pabrik yang berbahan logam, seperti seng.

Baca Juga : Api Melalap Warung di Tegalsiwalan, Kerugian Rp 50 Juta

Seperti diberitakan sebelumnya,  kebakaran pabrik furnitur ini terjadi mulai sekitar pukul 20.00 pada Selasa (20/9/2022). Salah satu pengawas pabrik, Ahmad, mengatakan bahwa api bermula dari kepulan asap. Pemicunya adalah korsleting listrik. "Penyebabnya itu konslet listriknya. Asap langsung membesar," ujarnya saat ditemui tadatodays.com, Rabu (21/9/2022) pagi.

Kebakaran ini membuat pihak pabrik harus meliburkan karyawan. "Karyawan ya diliburkan," ucap Ahmad. Menurutnya, taksiran sementara, kerugiannya mecapai miliaran rupiah. Namun, Ahmad masih belum bisa memastikan nominalnya. 

Sementara itu, salah satu petugas damkar Kota Probolinggo Valentino Eko Ramdani mengaku kewalahan dan tidak menghitung jumlah air yang telah disemprotkan. "Kami kewalahan. Bisa dilihat, api masih ada. Air tidak menghitung jumlahnya wis," tuturnya. 

Untuk memadamkan kebakaran ini, damkar kota mengerahkan sebanyak 2 unit armada damkar. Sedangkan damkar kabupaten 1 unit armada. "Kota 2, kabupaten 1," ujarnya. Ia juga tidak menghitung jumlah petugas. Yang jelas, Kasi Damkar mengerahkan semua petugas kebakaran. (alv/why)