Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-30 18:12:27

119 Sekolah di Kabupaten Probolinggo Tidak Punya Kepala Sekolah

PENDIDIKAN: SDN Kebonagung 1 merupakan salah satu sekolah yang tak memiliki kepala sekolah.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Sebanyak 119 sekolah di Kabupaten Probolinggo tidak memiliki kepala sekolah.119 sekolah itu terdiri dari 105 Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan 14 Sekolah Menengah Pertama (SMP). Di antaranya SDN Kalibuntu I dan V, SDN Sidomukti I, dan SDN Kebonagung I serta II. Sedangkan di tingkat SMP diantaranya, SMPN I dan II Dringu.

Hal itu disampaikan oleh Kabid Pembinaan Ketenagaan pada Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo, Yunita Nur Laili. Saat dikonfirmasi ia menjelaskan, guna mengisi kekosongan kepala sekolah tersebut pihaknya memberikan tugas rangkap kepada kepala sekolah lainnya untuk bertugas di sekolah yang kosong itu.

Baca Juga : Jumlah Kuota Siswa pada PTM di Kabupaten Probolinggo Ditambah Menjadi 50 Persen

Kekosongan itu terjadi, karena banyaknya guru, termasuk kepala sekolah, yang sudah pensiun sejak beberapa tahun terakhir. "Tahun ini ada 39 kepala sekolah yang pensiun," ujarnya pada tadatodays.com. Minggu (30/5/2021).

Baca Juga : Bupati Tantri Pastikan Kesiapan Sekolah Menjelang Pembelajaran Tatap Muka

Yunita mengatakan, meski saat ini sekolah masih dilakukan secara daring, namun tugas rangkap kepala sekolah ini dipersiapkan untuk mengantisipasi jika nantinya sekolah sudah dilakukan Pembelajaran Tatap Muka.

Tugas rangkap tersebut akan terus berlanjut hingga nanti ada penggantinya. Saat ini dispendik memberikan pembekalan kepada 40 orang calon kepala sekolah, yang kemudian bakal dilanjut dengan diklat. "Di bulan Juni, cuma tanggalnya belum tahu," katanya melalui pembicaraan via seluler.

Yunia mengaku, untuk seleksi kepala sekolah mengalami kendala karena masih pandemi covid-19. (zr/don)