Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-07-01 16:03:23

14 Pegawai Pemkab dan PN Kraksaan Terpapar Covid-19, Salah Satunya Kepala OPD

KLASTER PERKANTORAN: Dinas Kesehatan Kabupaten terus mentracing kontak erat pasien positif covid-19 di wilayahnya bersama unsur lain di satgas covid-19, termasuk melacak penularan klaster perkantoran.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Melonjaknya kasus positif covid-19 di Kabupaten Probolinggo dalam dua pekan terakhir, juga dirasakan pegawai di 4 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Probolinggo. Total, ada 14 orang pegawai yang berasal dari empat OPD dan Pengadilan Negeri (PN) Kraksaan yang terpapar covid-19.

Keempat OPD tersebut yakni, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Mal Pelayanan Publik (MPP), Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo).

Baca Juga : Ratusan Remaja di Kecamatan Dringu Antusias Menjalani Vaksinasi

Hal itu disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, dr. Dewi Vironica. Saat dikonfirmasi ia menuturkan, 14 orang tersebut diketahui terpapar dari klaster perkantoran. Dimana ada salah satu pegawai yang terpapar covid-19 sebelumnya, lalu dilakukan tracing dan diswab ke seluruh kontak eratnya. "Ada juga kepala OPD," kata dokter yang karib disapa Viro ini, Jumat (30/6/2021) kemarin.

Baca Juga : Ratusan Remaja di Kecamatan Dringu Antusias Jalani Vaksinasi

Namun saat ditanya Kepala OPD mana yang terpapar, dr. Viro enggan menjawab. Yang pasti satgas sudah mengisolasi semua pasien tersebut, termasuk kepala OPD yang dimaksud.

Viro mengaku, satgas masih belum merencanakan lockdown kantor OPD tersebut. Hal itu disebabkan karena kesemuanya sudah dilakukan swab dan hasilnya negatif, dan hanya beberapa orang saja yang hasilnya positif.

Namun untuk mengantisipasi penyebaran yang lebih luas, pihaknya memperketat protokol kesehatan dan memberlakukan pembatasan aktivitas 25 persen saja. Sedangkan yang lainnya dilakukan work from home (WFH). "Yang penting prokes tetap diperketat," katanya.

Sekadar informasi, jumlah kasus positif covid-19 di Kabupaten Probolinggo per Rabu (30/6/2021), sebanyak 3.432. 139 di antaranya masih dirawat, 3.092 sembuh, dan 201 meninggal dunia. (zr/don)