1.680 Tanaman Ganja Kembali Ditemukan di Kawasan TNBTS Lumajang

M. David Firmansyah
M. David Firmansyah

Tuesday, 24 Sep 2024 06:06 WIB

1.680 Tanaman Ganja Kembali Ditemukan di Kawasan TNBTS Lumajang

DIBUNGKUS: Tanaman ganja dibungkus sak oleh petugas gabungan.

LUMAJANG, TADATODAYS.COM - Ladang ganja kembali ditemukan di dataran tinggi Kabupaten Lumajang. Polres Lumajang bersama Ditresnarkoba Polda Jatim pada Senin (23/9/2024) menemukan ribuan tanaman ganja di kawasan hutan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Sedikitnya ada 1.680 tanaman ganja yang berhasil diamankan kepolisian. Operasi Tumpas Narkoba yang dilakukan itu merupakan kelanjutan dari penemuan 453 tanaman ganja di hutan lereng Gunung Semeru beberapa waktu lalu.

Ribuan tanaman ganja siap panen tersebut tersebar di 5 titik yang berbeda. Namun, pencarian cenderung sulit dilakukan lantaran kondisi lahan tanaman ganja cukup ekstrem. Selain itu, operasi yang dilakukan itu melibatkan sedikitnya 50 orang.

"Sudah berhasil menemukan lagi kurang lebih 5 titik dengan jumlah 1680 batang ganja," kata  Dirresnarkoba Polda Jatim Kombespol Robert Da Costa.

Diduga masih terdapat tanaman ganja yang tumbuh subur sehingga proses penyelidikan masih terus dilakukan. Termasuk orang dibalik tumbuh suburnya tanaman ganja serta sejauh mana ekspansi peredaran barang haram tersebut.

Tanaman-tanaman ganja tersebut kini diamankan di Mapolres Lumajang sebagai barang bukti. Sejauh ini, 4 orang berhasil diamankan yang diduga sebagai penanam ganja, yaitu Ngatoyo, Bambang, Tomo, dan Toni.

"Sejauh ini ada 4 orang yang diamankan. Semuanya masih dipetakan. Terima kasih kepada masyarakat yang terlibat sehingga pihak kepolisian berhasil menemukan ladang ganja," ujar Kombespol Robert Da Costa. (dav/why)


Share to