Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-02-16 18:09:30

2.275 Personel Gabungan Amankan Gelaran Pilkades di Kabupaten Probolinggo

APEL SIAGA: Personel Polri, TNI, dan Satpol PP melakukan apel kesiapan pengamanan jelang pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Probolinggo. Ribuan personel dikerahkan untuk menjaga keamanan proses demokrasi tersebut.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Polres Probolinggo melakukan apel kesiapan dan pergeseran pasukan (Serpas) dalam rangka pengamanan pilkades serentak tahap II di Kabupaten Probolinggo, Rabu (16/2/2022). Total personel yang dikerahkan mencapai 2.275 orang.

Polres Probolinggo mendapat bantuan personel dari Polda Jatim dan Polres Jajaran Polda Jatim. Selain itu, Polres juga mendapat bantuan pasukan pengamanan dari Kodim 0820 dan Satpol PP setempat.

Baca Juga : Sopir Tertidur di SPBU, Barang Dicuri Pakai Tongsis

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, sekitar 1.594 personel merupakan anggota Polres Probolinggo, Satuan Brimob dan Dalmas Polda Jatim, serta 20 personel dari Polres jajaran Polda Jatim.

Baca Juga : Lima Pos Polres Probolinggo Amankan Arus Mudik dan Arus Balik

Seluruh pasukan tersebut ditugaskan di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 219 desa di wilayah hukum Polres probolinggo. Selain itu, pengamanan juga dilakukan di titik-titik yang dianggap rawan. Jika nanti ada hal-hal yang tak diinginkan, pasukan tersebut langsung mengamankan sesuai dengan prosedur dan undang-undang.

 “Kami harap pilkades aman, tertib, dan mencerminkan pesta demokrasi rakyat," terangnya usai mengecek pasukan tersebut. Selain itu, Kapolres mengimbau pada masyarakat untuk tetap memerhatikan protokol kesehatan, seperti memakaimasker. Hal itu untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19.

Sementara itu, Dandim 0820 Probolinggo Letkol Arh. Arif Budi Cahyono mengatakan, pihaknya mengerahkan 650 personil untuk membantu pengamanan Pilkades serentak. Seluruh pasukan akan ditempatkan di masing-masing TPS dan ditempatkan di titik rawan. "Apabila terjadi sesuatu nanti kita langsung ambil tindakan," tegasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo mengucapkan terima kasih atas pengamanan yang dilakukan Polri, TNI, Satpol PP. Ia berharap semua pihak menyikapi pilkades ini dengan baik. Jaga ke kondusifan Kabupaten Probolinggo. "Menang kalah hal biasa, tetap junjung sportivitas," katanya. (zr/sp)