Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-13 17:17:00

249 Kepala Desa se-Kabupaten Probolinggo Resmi Dilantik

TERTIB: Ratusan kades se-Kabupaten Probolinggo menjalani Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Kepala Desa Terpilih Hasil Pemilihan Kepala Desa Serentak tahap II Gelombang 1 Tahun 2022.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Akhirnya, 249 desa di Kabupaten Probolinggo memiliki kepala desa (kades) baru. Itu setelah Pemkab Probolinggo menggelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Kepala Desa Terpilih Hasil Pemilihan Kepala Desa Serentak tahap II Gelombang 1 Tahun 2022, Rabu (13/4/2022).

Ratusan kades berbaris rapi sesuai dengan kursi yang disediakan. Mereka tampil gagah dengan seragam warna putih. Dalam pelantikan yang digelar di Gedung Islamic Centre Kraksaan tersebut, hadir sejumlah pejabat. Mulai dari Forkopimda, Kepala OPD, hingga tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Baca Juga : Hampir Setahun Kosong, Akhirnya Gelar Pemilihan Kades Tegalharjo

Plt. Bupati Probolinggo Drs. H.A. Timbul Prihanjoko dalam sambutannya menyampaikan, setelah dilantik seluruh kades wajib tancap gas. Mulai dari pemetaan potensi, hingga merealisasikan program berkaitan dengan recovery di bidang ekonomi. “Termasuk apa saja kebutuhan masyarakat, harus segera diinventarisasi,” katanya.

Baca Juga : Pemkab Probolinggo Meraih WTP Kali Kesembilan Berturut-turut

ARAHAN: Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko memberikan sambutan sekaligus arahan pada ratusan kades yang dilantik. Timbul menginstruksikan para kades untuk tancap gas, terutama berkaitan program pemulihan ekonomi warga.

Peningkatan kesejahteraan rakyat menurut pria yang akra disapa Timbul tersebut, menjadi kunci keberadaan kades dirasakan oleh masyarakat. Ia juga meminta kades untuk sering terjun ke masyarakat. Termasuk mengoptimalkan koordinasi, kolaborsi, dan sinergisitas dengan pihak terkait.

“Dengan sinergitas, maka tumpang tindih pelaksanaan pembangunan dapat dihindari. Pemerataan pembangunan bisa dilakukan, serta hasilnya dapat diwujudkan. Sehingga kemajuan dan kemandirian desa dapat ditingkatkan. Fokus pada pembangunan yang bisa mengangkat perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Ia juga mengingatkan pada kades untuk menaati norma hukum dan sosial. Khusus norma hukum, menurut Timbuk harus berorientasi pada hukum dan aturan yang berlaku. Kades diminta segera menyusun Rancangan Program Jangka Menegah Desa (RPJMDes), maksimal tiga bulan sejak tanggal pelantikan.

RESMI: Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko menunjukkan SK pengangkatan kades sebagai bukti bahwa 254 kades yang dilantik di Gedung Islamic Centre Kraksaan, Rabu (13/4/2022), telah sah sebagai kades.

Sebagai pemimpin masyarakat, kades juga harus berorientasi pada pengabdian. Sehingga kepentingan rakyat harus diutamakan. Termasuk keselamatan masyarakat menghadapi pandemi covid-19, jug penting untuk dilakukan. Di antranya dengan penegakan protokol kesehatan dan mendukung target vaksinasi covid-19.

Pria berkacamata ini juga menjanjikan penghasilan tetap (siltap) kades dan perangkat desa, diupayakan dapat dibayar setiap bulan. Maklum, sebelumnya gaji kades dan perangkat desa dibayar tiga bulan sekali. Jaminan hari tua juga dikaji untuk tambahan kesejahteraan kepala desa.

SAH: Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko memasangka lencana pada kades sebagai penanda dilantiknya merka sebagai pemimpin di desa. Total ada 254 kades yang dilantik oleh Plt Bupati.

Sedangkan bagi ketua RT dan RW juga diupayakan dapat di-backup dengan asuransi kematian dan kecelakaan. Selain soal gaji, Timbul menghimbau agar pasca pelantikan, tidak ada euforia dengan berkonvoi. Ia mengamanatkan dana desa betul-betul diarahkan bersama-sama untuk pembangunan.

“Yang penting juga, kalau tidak miskin. Jangan didata miskin, coret saja. Berdosa jika tidak miskin dimasukkan miskin. Yang berat itu saya, karena saya yang menjadi ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TPKD). Kalau tidak berubah berarti saya tidak berhasil. Padahal, itu bergantung pada saudara-saudara,” ungkapnya. (*/hla/sp)