Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-18 19:08:35

260 Bacakades Mendaftar di Pilkades Kabupaten Probolinggo

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pendaftaran bakal calon kepala desa (bacakades) di pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di Kabupaten Probolinggo, sudah ditutup pada Selasa (16/2/2021) lalu. Sebanyak 260 bacakades telah mendaftar yang tersebar di 62 desa yang menggelar pilkades.

Dari 260 bacakades itu, terdiri dari 236 laki-laki dan 21 perempuan yang telah masuk tahap penyaringan.

Baca Juga : Kades Terpilih Diperkirakan Dilantik Bulan Agustus

Dalam tahap penyaringan tersebut, panitia di setiap desa mulai melakukan penelitian syarat berkas administrasi dan klarifikasi. Jika tahapan itu telah selesai, maka dilanjutkan ke tahap penetapan dan pengumuman calon kades.

Baca Juga : Pemkab Probolinggo Menerapkan Prokes Ketat, Pelaksanaan Pilkades Serentak Lancar

Hartono, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo mengatakan, berkas yang disetor akan dilakukan verifikasi untuk menentukan calon kades yang akan ditetapkan. "Verifikasinya itu 20 hari ke depan, jadi pada 18 maret 2021 nanti akan ditetapkan," ujarnya, Kamis (18/2/2021).

Dalam tahap verifikasi, panitia akan mengecek seluruh berkas yang terkumpul, salah satunya keaslian ijazah bacakades. Bahkan panitia juga akan mendatangi lembaga yang melegalisir ijazah bacakades, untuk menentukan apakah ijazah tersebut asli dikeluarkan oleh lembaga tersebut atau tidak. "Termasuk keterangan dari pengadilan," katanya.

Sebelumnya, pendaftaran bacakades dibuka pada tanggal 3 Februari dan ditutup pada tanggal 16 Februari 2021. Tahapan penyelenggaraan pilkades tahap pertama tahun 2021 ini berdasarkan Peraturan Bupati Probolinggo Nomor 01 tahun 2021 tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa. (zr/don)