Hilal Lahan Amrullah


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-17 19:58:55

264 Napi di Probolinggo Dapat Remisi di HUT RI ke-75

REMISI: Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin datang ke Lapas IIB Kota Probolinggo disambut oleh grup musik rebana. Walikota membacakan putusan remisi bagi sejumlah napi pada 17 Agustus 2020.

PROBOLINGGO, TADAYODAYS.COM - Sebanyak 264 orang narapida (napi) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Probolinggo mendapatkan remisi umum 17 Agustus. Dari ratusan napi itu, sembilan orang langsung bebas setelah setelah mendapat remisi. "Sembilan orang langsung bebas setelah dapat remisi umum 17 Agustus," terang Kepala Lapas II B Probolinggo, Risman Somantri.

Pihaknya menyampaikan bahwa lapas Probolinggo saat ini dihuni 479 orang. Sedangkan ruang yang tersedia hanya untuk 295 orang.

Baca Juga : Ratusan Goweser Ramaikan Gowes Wisata Lingkungan, di Kota Probolinggo

Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin yang turut hadir dalam pemberian remisi itu mengatakan, remisi yang diberikan pemerintah mempercepat kebebasan. "Jangan berkecil hati. Masih ada keluarga yang berharap Anda semua kembali. Kesalahan yang lalu, itu jadi pembelajaran. Kita harus tunjukkan, tergantung diri kita membuat suatu hal yang membanggakan keluarga," pesan walikota.

Baca Juga : Gugatan Tutang ke Wali Kota Probolinggo Resmi Dilayangkan ke PTUN

Mantan anggota DPR RI meyakini bahwa keluarga warga binaan pasti merasa kehilangan. "Kita masih memiliki khususnya orang tua kita yang berharap kebaikan untuk kita. Tanamkan dalam hati agar tidak terulang kembali, ambil hikmahnya, karena kehidupan terus berjalan. Saya yakin saat keluar bisa berubah," harapnya.

Lelaki yang akrab dipanggil Habib Hadi ini menyampaikan bahwa lapas setempat aman dari covid-19. Namun di kondisi new normal, ia berharap seluruh warga binaan untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Karena tempat isolasi yang tersedia terbatas. "Di lapas belum terjadi warag binaan mengalami Covid-19. Pahami masalah kebijakan kunjungan dan lain-lain. Ini diambil untuk kebaikan kita semua," jelasnya. (hla/hvn)