Muhammad Musleh


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-17 22:10:51

301 Narapidana Dapat Remisi, Dua diantaranya Bebas Jalani Hukuman

REMISI : Surat Keterangan (SK) Remisi bagi narapidana dan anak dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati di Lapas IIB Lumajang, Senin (17/08/2020).

LUMAJANG, TADATODAYS.COM - Sebanyak 301 narapidana Lembaga Permasyarakatan Kelas IIB Lumajang mendapat remisi atau pengurangan masa hukuman. Surat Keterangan (SK) Remisi bagi narapidana dan anak dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati di Lapas IIB Lumajang, Senin (17/08/2020).

Dalam sambutannya, Wabup mengapresiasi Lapas IIB yang telah menjalankan protokol kesehatan di dalam lapas secara patuh selama pandemi. Wabup juga mengapresiasi komitmen Lapas IIB Lumajang dalam penyelenggaraan pelayanan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Baca Juga : Ribuan Mahasiswa dan Buruh Kepung DPRD Lumajang

"Tadi Kepala Lapas menyampaikan bahwa disini tidak ada satupun warga binaan yang membawa hp, ini hal kecil saja patuh apalagi yang lain, ini patut menjadi contoh agar kedisiplinan betul dapat dilaksanakan," ujarnya.

Baca Juga : Lumajang Punya Alat Pendeteksi Dini Gempa dan Tsunami

Bunda Indah berpesan agar warga binaan Lapas IIB Lumajang dapat mengambil pelajaran selama menjalani pembinaan. Ia meyakini selalu ada hikmah dari setiap cobaan yang diberikan.

"Jadikan tempat ini sebagai sekolah kehidupan, banyaklah mengambil hikmah dan pelajaran hidup, mudah-mudahan warga binaan yang ada dan keluar dari sini menjadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat bagi diri, keluarga dan masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Ka. Lapas IIB Lumajang, Agus Wahono menjelaskan bahwa total 301 napi mendapatkan remisi umum Hari Kemerdekaan RI ke 75 dan 2 diantaranya dinyatakan bebas hari ini. Ia juga menyampaikan komitmen mewujudkan Zero Halinar atau zero handphone, pungutan liar dan narkoba di Lapas IIB Lumajang.

"Disini karena ada kesepakatan dari para pegawai jadi disini zero halinar, napi disini tidak ada yang boleh membawa hp," jelasnya. (mm/sp)