Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-04 15:58:03

3.626 Nakes Kabupaten Probolinggo akan Divaksin Tahap Pertama

VAKSINASI: Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo telah mendata jumlah nakes yang akan divaksin, sambil menunggu kiriman vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 sudah rampung melengkapi data tenaga kesehatan (nakes) yang bakal disuntik vaksin tahap pertama. Hasilnya, sebanyak 3.626 nakes akan dibaksin pada tanggal 14 Januari 2021 sesuai dengan jadwal dari pemerintah pusat, bersamaan dengan suntik vaksin terhadap Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

3.626 nakes itu terdiri dari dokter, perawat, dan bidan. Berikutnya, pegawai pada Dinas Kesehatan setempat, pegawai rumah sakit, pegawai puskesmas, baik petugas administrasi hingga petugas kebersihan di kantor layanan kesehatan. "Nantinya mereka disuntik vaksin sebanyak dua kali," terang dr. Dewi Vironica, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Kabupaten Probolinggo, Senin (4/01/2021).

Baca Juga : Memajukan Kraksaan, Tingkatkan Perekonomian Melalui Koperasi dan UMKM

Setelah divaksinasi nakes rampung, maka vaksinasi selanjutnya yakni terhadap petugas layanan publik sebanyak 1.652 orang. Mereka, terdiri yang terdiri dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi Republik Indonesia (Polri), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), petugas pemadam kebakaran (Damkar), petugas Terminal dan Petugas Stasiun Kereta Api di Kabupaten Probolinggo. "Itu data yang sudah masuk, bisa saja ada penambahan," ucapnya.

Baca Juga : Majukan Kraksaan, Tingkatkan Perekonomian Melalui Koperasi dan UMKM

Sementara itu untuk tahap ketiga yang akan disuntik vaksin yakni kelompok rentan, namun masih belum diketahui berapa jumlahnya. Sedangkan untuk jadwal kedatangan vaksi dari pemerintah provinsi, Dewi menyebut bahwa pihaknya masih menunggu. "Jadwal vaksinasi serentaknya masih tanggal 14 (Januari), ya. Tapi itu bisa maju bisa juga diundur" tutupnya saat ditemui di ruang kerjanya di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo. (zr/don)