Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-09 13:31:37

500 Personel Bersihkan Material Banjir di Dringu

GOTONG ROYONG: Petugas gabungan membersihkan material banjir, Selasa (9/3).

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Dampak banjir yang menerjang Desa Kedungdalem dan Desa/Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, Senin (8/3/2021) kemarin, menyisakan material banjir seperti lumpur dan genangan air. Untuk membersihkan sisa banjir tersebut, sebanyak 500 personel gabungan dikerahkan pada Selasa (9/3/2021).

Dari pantauan tadatodays.com mulai pukul 07.00-09.00 WIB, petugas dan seluruh warga di sepanjang Jl Deandels  membersihkan lumpur dan material dari banjir luapan Sungai Kedunggaleng itu.

Baca Juga : Pemprov Jatim Fokus Bangun Bronjong di Jembatan Kedungdalem

Didik Hariyanto, 47, warga Desa Kedungdalem menuturkan, ia kembali membersihkan rumahnya untuk keempat kalinya. "Capek rasanya," ujarnya. Diketahui, Didik mengalami kerugian sekitar Rp 200 juta akibat banjir tersebut setelh pagar rumahnya ambrol, serta 1 mobil dan 6 motor miliknya terendam banjir.

Baca Juga : Komunitas Bikers Fasilitasi Servis Gratis bagi Warga Terdampak Banjir Dringu

Sementara, Kabid Perlindungan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo, Ofie Agustin mengatakan, hari ini sebanyak 500 personel gabungan dikerahkan yang terbagi di 9 sektor di setiap RT. Personel gabungan itu, sepert TNI, Polri, Tagana, PMI, BPBD, PKH dan masyarakat sekitar.

Sementara, distribusi makanan kepada warga terdampak dilakukan tiga kali dalam sehari, dengan jumlah kurang lebih 6000-an. “Dapur umum juga kembali dibuka," ujarnya.

Ofie menyebutkan, pemkab sebenarnya akan mendistribusikan bantuan kepada 4405 warga, dampak banjir sebelumnya. Namun karena banjir kembali melanda, akhirnya ditunda. "Dipending sampai situasi kembali normal," tuturnya. (ang/don)