Andika Apriyanto


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-30 08:33:48

6 Orang KMP Yunicee Meninggal, 14 Lainnya Masih Proses Pencarian, 33 Selamat

EVAKUASI: Petugas gabungan mengevakuasi korban selamat dan meninggal, Selasa malam kemarin. Saat ini, petugas masih mencari 14 orang lainnya yang belum ditemukan.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Proses pencarian terhadap seluruh penumpang dan kru KMP Yunicee di perairan Selat Bali yang tenggelam pada Selasa (29/6/2021) malam kemarin, telah selesai. Dari pencarian itu, 6 orang ditemukan dalam kondisi meninggal dan 14 lainnya masih dalam pencarian.

Selain itu, sebanyak 33 orang berhasil diselamatkan. Dari jumlah korban selamat, 19 orang langsung  dievakuasi ke pos ASDP Ketapang. Sementara sisanya dirawat di layanan kesehatan terdekat.

Baca Juga : Temukan 2 Korban Hilang, Data Manifes KMP Yunice Diperbarui Jadi 77 Orang

Saat ini pihak ASDP telah mendirikan posko korban tenggelamnya KMP Yunicee, untuk mempermudah dalam melakukan pendataan korban meninggal maupun selamat.

Baca Juga : Pencarian Sejauh 5 Mil, Basarnas Kerahkan Helikopter

Dandim 0825 Banyuwangi Kolonel Infanteri Yuli Eko Purwanto mengatakan, KMP Yunicee mengalami kecelakan laut, sekira bakda magrib. Saat itu kapal akan bersandar di Pelabuhan Gilimanuk.

Saat ini pihaknya bersama tim gabungan sedang melakukan pencarian korban yang belum ditemukan.

Pihak TNI, Danlanal, Polri, Basarnas dan beberapa tenaga terkait telah menyiagakan beberapa kru di pelabuhan ASDP Ketapang untuk persiapan evakuasi lanjutan.

Ia menambahkan, berdasarkan data manifes awal bahwasanya total penumpang KMP Yunicee sebanyak 53 orang. Dengan rincian, 12 ABK dan 41 Penumpang.

Sebelumnya, KMP Yunicee tenggelam pada Selasa malam pukul 19.06 WITA, usai diterjang ombak setinggi 4 meter saat akan sandar di Pelabuhan Gilmanuk. KMP  berwarna putih strip merah biru tersebut mengalami kebocoran lambung, hingga akhirnya tenggelam dan terseret ombak ke arah selatan perairan Bali. (dik/don)