Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-15 17:37:55

60 Desa Lebih di Probolinggo Dijabat Pj

PEMDES: Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton, merupakan salah satu desa di Kabupaten Probolinggo yang dipimpin seorang Pj.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Sebanyak 60 Desa lebih di wilayah Kabupaten Probolinggo, kini dijabat oleh Penjabat Sementara (Pj). Hal tersebut disampaikan oleh Farhan Hidayat, Kasi Perencanaan dan Evaluasi Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo.

Ia mengatakan, banyaknya desa yang dijabat Pj tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya, karena masa jabatan kades sebelumnya sudah habis, serta karena kepala desa sebelumnya meninggal dunia. Lalu, sebagian lagi karena kepala desanya terjerat kasus hukum.

Baca Juga : Jelang Penetapan Bacakades, 16 Desa Berpotensi Kisruh

Farhan menyampaikan, pihaknya tidak tahu pasti berapa jumlah desa yang dijabat Pj. “Tapi yang pasti lebih dari 60 desa," terangnya pada Kamis (14/1/2021) kemarin.

Baca Juga : Masih Tahap Penyaringan, Pilkades di Probolinggo Mulai “Panas”

Diketahui, mereka yang ditunjuk sebagai Pj kades merupakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Probolinggo yang ditunjuk oleh Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari. Seorang Pj juga tidak harus dari pejabat di kantor kecamatan setempat. "Bisa dari staf puskesmas atau staf pemkab sendiri," ucapnya.

Ia menambahkan, untuk masa jabatan Pj disesuaikan dengan sisa masa jabatan kades sebelumnya. Contohnya, jika ada kades yang baru 3 bulan menjabat lalu meninggal dunia, maka Pj sebagai penerus akan melanjutkan sisa masa jabatan kades sebelumnya. "Kalau kepala desa itu kan masa jabatannya sampai 6 tahun," kata pria kelahiran Sumenep, Madura itu. (zr/don)