Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-07-10 09:54:37

8 Nakes Terkonfirmasi Positif Covid-19, Puskesmas Kanigaran Tetap Buka

PELAYANAN: Kantor Puskesmas Kanigaran tetap membuka pelayanan, meski 8 nakes di tempat layanan kesehatan tersebut positif covid-19.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Delapan orang tenaga (nakes) kesehatan di Puskesmas Kanigaran Kota Probolinggo, terkonfirmasi positif covid-19. Sementara ini, puskemas tidak mengambil kebijakan lockdown atau penutupan pelayanan.

Plt Kepala Dinas kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB (DKP2KB) setempat Setiorini Sayekti, Jumat (9/7/2021) sekira pukul 18.30 WIB, membenarkan adanya 8 nakes di Puskemas Kanigaran yang terkonfirmasi positif setelah melakukan tes rapid PCR.

Baca Juga : Banyak Isoman Lalai, Pemkot Siapkan Opsi Tempat Isolasi Terpusat

Ia menjelaskan, semula ada 63 orang nakes di Kota Probolinggo yang dirapid PCR. “Delapan orang dari Puskemas Kanigaran dinyatakan positif covid-19.

Baca Juga : Ruang Isolasi Penuh, Wali Kota: Soal Covid Jangan Dicampur Opini

Saat ini delapan nakes tersesbut masih menjalani isolasi mandiri. Namun, ia tidak menyebutkan di mana nakes dirawat. "Kalau memang dirawat di rumahnya, ada persyaratannya," katanya.

Ditanyakan apakah Puskemas Kanigaran lockdown, perempuan yang karib disapa Rini ini memastikan layanan kesehatan tersebut tetap buka seperti biasa, termasuk melanjutkan program vaksinisasi covid-19. "Tetap kita atur dan nakes bisa diberbantukan untuk vaksinasi,” ujar Rini.

Rini ini mengungkapkan, penyebaran covid-19 saat ini sangat tinggi, termasuk banyaknya nakes di Kota Probolinggo yang terpapar. Ditambah lagi, muncul varian baru yang merebak dan perkembangannya cepat.

Menurutnya, nakes yang terkonfirmasi positif salah satu faktornya karena kelelahan bekerja sehingga imunitas tubuh menurun. Rata-rata, nakes yang terpapar diketahui tracing dari kontak erat. (ang/don)