Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-22 19:32:58

80 Persen dari 179 Tempat Tidur Isolasi untuk OTG, Telah Terisi

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemkab Probolinggo menyiapkan 179 tempat tidur khusus pasien terkondirmasi positif covid-19. Ratusan bed ini tersebar dalam 5 lokasi isolasi yang dikhususkan untuk  pasien dari klaster pesantren dan perusahaan. Yaitu mereka yang masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG).

Juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica mengatakan, dari kapasitas tempat tidur tadi, sudah terpenuhi 80 persen.

Baca Juga : Operasi Masker di Kabupaten Probolinggo Tunggu Hakim dan Jaksa

"Saat ini ada 5 rumah sehat Kabupaten Probolinggo yang saat ini dipakai. Kapasitas 179 tempat tidur, dan mayaknya sudah 80-90 persen terisi mas," terangnya pada tadatodays.com, pada Selasa (22/9/2020).

Baca Juga : KPU Jember Jamin Hak Pemilih yang Terpapar Covid-19

Diketahui rumah sehat tersebut sebelumnya diusulkan oleh pesantren ataupun perusahaan terkait. Kemudian dari pihak satgas melakukan supervisi pada rumah tersebut Setelah memenuhi standart protokol kesehatan, saat ini dipakai untuk tempat isolasi yang terkonfirmasi positif covid-19 namun tanpa gejala.

Ia menegaskan bahwa masing-masing pesantren maupun perusahaan dibebani untuk memiliki Standar Operating Prosedur (SOP) dalam penerapan protokol kesehatan. Ia juga berharap semua pesantren ataupun perusahaan mempunyai patriot sehat yang dapat menjadi koordinator atas penerapan protokol kesehatan yang ada di wilayah masing-masing. Patriot sehat ini juga diharapkan dapat menyosialisasikan pada warga pesantren atau perusahaan mengenai pentingnya protokol kesehatan. Bahkan tidak segan memberikan sanksi terhadap yang melanggar.

"Setiap hari patriot sehat harus melakukan surveilans dan melaporkan ke satgas. Sehingga jika ada transmisi penularan di area tersebut, dapat segera terdeteksi," tutup dokter kelahiran Balikpapan ini. (zr/hvn)