Amelia Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-18 11:09:36

89 Pelajar MAN 2 Kota Probolinggo Sukses Sabet 62 Prestasi Sepanjang 2021

MEMBANGGAKAN: Kepala MAN 2 Kota Probolinggo Drs. Alfan Makmur berpose bersama siswa-siswi berprestasi. Tahun 2021 menjadi tahun membanggakan karena seabrek prestasi yang diraih. Mulai akademik maupun nonakademik, dari level lokal hingga internasional.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Tahun 2021 menjadi tahun prestasi bagi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Probolinggo. Sedikitnya 89 siswa-siswi yang berhasil meraih 62 penghargaan di berbagai ajang. Baik perlombaan tingkat internasional, nasional, provinsi, regional, hingga kabupaten/kota.

Kepala MAN 2 Kota Probolinggo Drs. Muhammad Alfan Makmur membenarkan jika tahun 2021 sebagai tahun prestasi. Sebab, banyak sekali prestasi yang diraih para siswa. Baik di bidang akademik maupun nonakademik.

Baca Juga : Inisiasi Program Sistersay, Pemkab Banyuwangi Berdayakan Ekonomi Hingga Cegah Stunting

“Kami menyebut tahun ini sebagai tahun prestasi. Hampir semua kejuaraan nasional yang kami ikuti, baik yang diselenggarakan Kemenag, Kemendikbud, maupun lainnya, selalu ada siswa MAN 2 Kota Probolinggo yang meraih medali,” terangnya.

Baca Juga : KONI Banyuwangi Terima Hibah Rp 4 Miliar, Target 217 Medali di Porprov

Prestasi nasional selama tahun pelajaran 2021-2022 yang diraih siswa MAN 2 Kota Probolinggo di antaranya, Medali Perak Bidang Studi Fisika Olympiad; Medali Emas Olimpiade Pelajar Indonesia Bidang Biologi; Juara I Lomba Ghibah Araby; dan Best Presentasi Procommit V.II yang digelar ITS Surabaya.

Kemudian, Juara 1 Festival Pencak Silat Nusantara kategori Seni Tunggal 2; Juara 2 Insight Olimpiade Matematika; Juara 3 Olimpiade Bahasa Indonesia; dan Juara 1 Olimpiade PKN. Di level internasional, siswa MAN 2 Kota Probolinggo juga berhasil menyabet Juara 2 Kejuaraan Internasional Karate Championship kategori Kata.

Dengan banyaknya prestasi yang diraih baik tingkat daerah, provinsi, nasional, bahkan sampai internasional, Alfan –sapaan akrabnya- madrasahnya semakin maju. “Target kami mengoptimalkan MA keterampilan plus IT yang kami miliki dapat segera direalisasikan untuk kegiatan magang,” jelasnya.

CERDAS: Sembilan Siswa Siswi MandaPro Exist Raih medali emas, perak, dan perunggu dalam Olimpiade Mapel Biologi, Bahasa Indonesia, PKn, dan Matematika di tingkat Nasional.

Seperti magang di Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), kunjungan ke industri maupun PTN, dan wawasan kewirausahaan sejak dini. Selain itu, dengan adanya MA riset di madrasah, pihaknya juga dapat segera meningkatkan kerja sama dengan perguruan tinggi dan tenaga ahli dalam meningkatkan kemampuan dengan cara yang kreatif dan inovatif.

Madrasah juga memiliki program Tahfidz yang merupakan salah satu program unggulan untuk mewadahi kebutuhan masyarakat meningkatkan hafalan Alquran. “Selalu optimalkan potensi kalian selama menjadi siswa, jangan takut gagal. Karena kegagalan memberi pengalaman dan guru terbaik dalam hidup kalian,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala MAN 2 Kota Probolinggo Bidang Kesiswaan Anang Susanto juga bersyukur atas semangat yang ditunjukkan peserta didiknya. “Alhamdulillah, tahun ini MAN 2 Kota Probolinggo banyak prestasi. Siswa siswi sangat antusias sekali mencari informasi berkaitan dengan perlombaan yang akan diikuti,” terangnya. (*/mel/sp)