Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2022-03-15 14:59:17

ABK Meninggal di Perairan Kupang, Dievakuasi ke Probolinggo

SAKIT: Petugas KKP Mayangan mengevakuasi ABK Kumbang 1 yang meninggal saat mencari ikan di Perairan Kupang, Nusa Tenggara Timur. ABK tersebut meninggal pada Sabtu (12/3/2022), dan tiba di Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan pada Selasa (15/3/2022).

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Seorang anak buah kapal (ABK) Kapal Motor (KM) Kumbang 1, Wahyudin, 25, warga Kecamatan Pabedilan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat meninggal dunia saat berlayar di wilayah perairan Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jenazah selanjutnya diturunkan di Pelabuhan Perikanan Mayangan (PPM) Kota Probolinggo.

Informasinya yang dihimpun tadatodays.com, KM Kumbang 1 itu telah berlayar selama 9 bulan untuk mencari ikan. Rencananya pada Selasa (15/3/2022), kapal tersebut akan berlabuh di PPP Mayangan.  Total ada 30 ABK, termasuk seorang nahkoda di kapal tersebut.

Baca Juga : Pencarian Korban Tenggelam di Wuluhan Dilakukan, Terkendala Ombak Setinggi 3 Meter

Pelaksana Harian Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Mayangan, Wiwit mengatakan informasi yang diterima bahwa Wahyudin meninggal pada Sabtu (12/3/2022). “Meninggal di atas kapal saat pulang mencari ikan cumi," ucapnya.

Baca Juga : Seorang ABK Dilaporkan Hilang di Perairan Karang Balae Wuluhan

Wiwit memastikan bahwa ABK tersebut meningeal karena sakit lambung.

Sementara itu, Pengawas Pos Probolinggo TNI AL, Kopka Ishaq mengatakan pihaknya telah membantu mengevakuasi ABK KM Kumbang 1 yang meninggal di atas kapal. Menurutnya, saat itu kapal tersebut hendak pulang menuju PPP Mayangan.

Ishaq menuturkan, berdasarkan hasil pemeriksaan KKP, korban meninggal karena sakit asam lambung. “Tidak ada (tanda) kekerasan dalam insiden tersebut," katanya. (ang/don)