Febri Wiantono


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-07 15:48:44

Abu Vulkanik Gunung Raung sampai ke Bali

KE TIMUR: Abu vulkanik Gunung Raung bergerak ke arah timur, dan disebutkan telah sampai ke Buleleng dan Jembrana, Bali. (foto: PPGA Raung)

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Gunung Raung yang berada di perbatasan Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi masih terus erupsi. Hingga Minggu (07/2/2021), asap bercampur abu vulkanik yang keluar dari puncak kawah masih bertekanan lemah hingga sedang dan mengarah ke timur sampai Pulau Bali.

Kepulan asap Gunung Raung itu berwarna kelabu dan hitam, dan tingginya mencapai 1000 meter di puncak kawah.

Baca Juga : Pulihkan Ekonomi, Pemkab Gulirkan Bantuan Alat Usaha Untuk Warga di kaki Gunung Raung

Burhan Alethea, petugas Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pemantauan Gunung Api (PPGA) Raung, saat dikonfirmasi pada Minggu (07/2/2021) mengatakan, untuk hujan abu di wilayah Banyuwangi sudah terjadi di enam kecamatan bagian timur.

Baca Juga : Aktivitas Gunung Raung Fluktuatif, Pos Pantau Diguyur Hujan Abu

Enam kecamatan terdampak abu Gunung Raung itu yakni, Kecamatan Songgon, Glagah, Licin, Giri, Banyuwangi Kota, dan Kecamatan Kalipuro. "Meski tipis," kata Burhan.

Ia menerangkan, karena sebaran abu mengarah ke timur, maka berpotensi sampai ke Bali. Burhan juga telah menerima informasi dari BMKG, bahwa peta sebaran abu Gunung Raung hingga ke Bali. "Ke Jembrana dan Buleleng," katanya.

Meski demikian, pihaknya belum mendapatkan laporan warga terdampak abu vulkanik dari Jembrana maupun Buleleng.

Selanjutnya, Burhan mengimbau agar masyarakat tidak panik dan tetap menjalankan aktivitas seperti biasanya. Jika beraktivitas di luar rumah, masyarakat tetap diimbau memakai masker. "Terutama untuk Banyuwangi wilayah timur, karena dominan ke sana," jelasnya. (peb/don)