Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-10-22 15:22:16

Ada-ada Saja. Warga Pasang Piring-Sendok di Atas Pintu untuk Cegah Pencurian

ANTISIPASI: Indahria, mempraktikkan bagaimana ia dan warga lainnya memasang piring dan sendok di atas pintu. Dengan cara unik itu, ia berharap agar lingkungannya tidak jadi sasaran pelaku pencurian.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Warga RT 2 RW 1 Dusun Mawar, Desa Pesisir, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, punya cara unik untuk mencegah aksi pencurian yang sering terjadi di wilayahnya. Yakni, dengan cara memasang piring dan sendok di atas pintu pada malam hari.

Tujuannya, jika ada pelaku yang masuk rumah warga melalui pintu secara paksa, maka akan diketahui saat piring dan sendok tersebut jatuh.

Baca Juga : Tidak Sampai 5 Menit, Dua Motor yang Diparkir di Indekos Raib Digondol Maling

Indahria, 35, adalah salah satu warga setempat yang juga menerapkan strategi itu. Indahria mengatakan jika pemasangan sendok dan piring berbahan seng ini bertujuan mengantisipasi pencurian sepeda motor. "Inisiatif warga," katanya.

Baca Juga : Motor Karyawan Jasa Ekspedisi Digondol Maling

Perempuan berkerudung ini menyampaikan, akhir-akhir ini kerap terjadi pencurian motor di lingkungannya. Bahkan warga kerap melihat seseorang yang tidak dikenal sering duduk di sawah, terkadang terlihat nyanggong di gang.

Indahria mengatakan bahwa, strategi pasang piring dan sendok itu sudah dilakukan sejak beberapa hari terakhir. Bahkan sudah ada piring dan sendok di rumahnya yang jatuh, sekira pukul 00.30 dan 02.30 WIB. "Piringnya jatuh. Saya lihat di luar rumah ternyata tidak ada orang," ujarnya.

Indahria berharap agar kasus pencurian di desanya tidak kembali terjadi. " Sementara ini, pemasangan (piring-sendok di atas pintu) sudah jarang dilakukan," katanya. (ang/don)