Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-09-06 17:09:55

Ada Pompa Otomatis Penyedot BBM di Carry yang Terbakar di SPBU

MODIFIKASI: Mobil Carry yang terbakar di SPBU Semampir, Kraksaan, ternyata dilengkapi alat penyedot BBM otomatis. BBM yang masuk tangki,

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Kepolisian menemukan titik terang kasus mobil Suzuki Carry milik tengkulak Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang terbakar di SPBU Semampir, Kraksaan, Senin (5/9/2022) lalu. Selain telah menemukan pemiliknya, polisi juga menemukan pompa otomatis penyedot BBM di bagasi mobil tersebut.

Ini menguatkan dugaan bahwa mobil Carry tersebut memang digunakan untuk kulakan BBM bersubsidi. Dengan adanya pompa otomatis tersebut, si pemilik cukup mengisi BBM di SPBU seperti mobil-mobil lainnya. Tetapi BBM yang sudah masuk tangki mobil itu kemudian dipompa dan dipindahkan ke jerigen-jerigen yang ada di dalam mobil.

Baca Juga : Ditinggal Pemilik Umrah, Ruko di Pasuruan Terbakar

Kapolsek Kraksaan Kompol Sujianto melalui Kanit Reskrim Ipda Suyono mengatakan pada tadatodays.com, Selasa (6/9/2022), bahwa pompa otomatis yang ditemukan itu juga dilengkapi dengan selang penyaluran. Melalui selang itulah pelaku mengisi BBM ke dalam jerigen-jerigen yang ada di dalam mobil.

Baca Juga : Isu Kualitas BBM Menurun, SPBU Triwung: Tidak Benar

Selanjutnya, kata Ipda Suyono, saat ini pihaknya juga sudah mengantongi nama pemilik mobil. Hanya,  pihaknya belum bisa menjelaskan detail identitas pemilik mobil tersebut. Yang jelas menurutnya,  pemilik mobil turut mengalami luka bakar.

Karena itu, kepolisian belum bisa meminta keterangan kepada pemilik mobil Carry. "Kami masih periksa pihak-pihak SPBU," ucapnya.

Menurutnya, pihaknya juga masih menyusun berkas, kemudian meminta keterangan dari pihak Migas di Surabaya. Dari keterangan itu akan diketahui unsure pelanggarannya. 

Hal ini sesuai dengan pasal 55 tentang penyalahgunaan BBM bersubsidi sesuai dengan pasal UU Nomor 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi. "Karena ini UU Lex Spesialis, yaitu UU Migas," jelas Ipda Suyono. 

Seperti diberitakan sebelumnya, mobil Suzuki Carry nopol P 1243 DF terbakar usai melakukan pengisian BBM di SPBU Semampir, Kraksaan, Senin (5/9/2022) sekitar pukul 05.45 WIB. Dalam insiden kebakaran itu, kepolisian mengamankan 15 jerigen kapasitas 25 liter dan 2 drum tanggung berisi BBM jenis pertalite. (zr/why)