Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-05-15 12:00:38

Akhsan Qosi Tutup Usia, DPRD Kabupaten Probolinggo Berduka

TUTUP USIA: Akhsan Qosi, anggota DPRD Kabupaten Probolinggo dari Partai Nasdem, meninggal dunia pada Sabtu (14/5/2022) petang. (foto: istimewa)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - DPRD Kabupaten Probolinggo berduka. Salah satu anggotanya yaitu Akhsan Qosi meninggal dunia pada Sabtu (14/5/2022) pukul 18.11 WIB. Anggota dewan periode 2014 – 2019 dan 2019 - 2024 itu meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSUD Syaiful Anwar, Malang. 

Mendiang Akhsan Qosi berasal dari Desa Patokan, Kecamatan Bantaran. Pria ini masuk gedung dewan melalui Partai Nasdem.

Baca Juga : Polres Probolinggo Akan Gelar Perkara Kasus Ijazah Palsu Jilid Dua

Camat Bantaran Saniwar mengatakan, menurut cerita keluarga, mendiang memang sudah sering keluar masuk rumah sakit. Tahun lalu, almarhum sempat dioperasi karena penyakit usus buntu.

Lalu, setelah hari raya, Akhsan Qosi dikabarkan sudah masuk rumah sakit lagi. Kali ini terjadi kebocoran pada usus yang dioperasi itu. Informasinya, sempat dilakukan operasi kembali dan berjalan dengan lancar.

Namun, Tuhan berkehendak lain. Akhsan Qosi meninggal dunia di tengah perawatan yang dijalaninya. "Tadi malam langsung dipulangkan dan dikebumikan," kata Camat Saniwar kepada tadatodays.com,  Minggu (15/5/2022) pagi.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Probolinggo Sumarmi Rasyid menceritakan, beberapa waktu lalu ia meminta pendamping Komisi I untuk mengantar bingkisan ke rumah mendiang. Tetapi ternyata rumah mendiang dalam kondisi kosong. "Saya telepon kapan hari itu, juga tidak diangkat," terang Sumarmi. 

Anggota dewan yang juga dari Fraksi Nasdem itu menceritakan kalau almarhum merupakan sosok yang sangat baik dan humoris. Qosi sering kali bercanda ketika sedang bekerja dengan rekan dewan lainnya pada saat kegiatan anggota ataupun saat kegiatan fraksi.

April 2022 lalu saat ada kegiatan bersama, Qosi yang memiliki dua anak, terlihat masih sempat bercanda dengan suami Sumarmi, yakni H. Rasyid. Selain saling bertanya kabar, pertemuan itu juga diselingi  senda gurau keduanya. "Beliau (almarhum, red) juga ramah," kata Sumarmi. 

Hal senada disampaikan oleh anggota dewan lainnya dari Fraksi Nasdem Rika Apria. Menurutnya, selain sosok yang baik, senang bercanda dan ramah, mendiang Akhsan Qosi juga merupakan figur yang bertanggung jawab. Hal itu dibuktikan pada saat rapat paripurna beberapa waktu lalu. Meski dalam keadaan sakit, Akhsan Qosi tetap menghadiri paripurna. "Luar biasa tanggung jawab beliau," ujarnya.

Karena itu, Rika mengaku DPRD merasa kehilangan atas meninggalnya mendiang Akhsan Qosi. Rika  berdoa agar almarhum ditempatkan di tempat yang terbaik di sisi Allah SWT. (zr/why)