Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-08-18 08:36:03

Akibat Buang Putung Rokok Sembarangan, Gudang Kayu di Tiris Terbakar

MEMBARA: Petugas Damkar Kabupaten Probolinggo menembus area tumpukan serbuk kayu, untuk memadamkan api yang membakar gudang kayu di Desa Pesawahan, Kecamatan Tiris. (foto: istimewa)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Gudang kayu sengon di Dusun Krajan, Rt 12, Rw 20, Desa Pesawahan, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo terbakar, Selasa (17/8/2021), sekira pukul 18.00 WIB. Gudang tersebut milik Hosnan, warga sekitar.

Kepala Seksi Pemadaman dan Penyelamatan pada Damkar setempat, Su'ud, menyampaikan kebakaran tersebut disebabkan oleh putung rokok.

Baca Juga : Gudang Triplek di Dringu Terbakar

Ceritanya, ada salah satu pekerja membuang putung rokok yang masih menyala di tumpukan serbuk kayu sisa gergaji.

Baca Juga : Polisi Masih Selidiki Penyebab Kebakaran di TPA Anggrek, Kerugian Rp 4,5 Miliar

Angin yang begitu kencang membuat api mudah menyala di serbuk tersebut. Perlahan api mulai membesar dan membakar tumpukan kayu sengon yang letaknya berdekatan dengan serbuk yang sudah dilalap api. "Api terus menyebar," katanya.

Para pekerja dan warga selanjutnya memadamkan api menggunakan alat seadanya. Hanya saja, karena angin yang kencang dan kayu yang menumpuk membuat si jago merah dengan mudah menjalar hingga membesar.

Kemudian pada pukul 18.19 WIB, warga sekitar melapor kepada Damkar Kabupaten Probolinggo. Tepat pukul 19.10 damkar sampai di lokasi. Ada dua unit damkar dengan kapasitas 6000 liter dan 3000 liter air dikerahkan saat itu. Namun tetap saja proses pemadaman terkendala, karena letak gudang dengan tempat pengambilan air cukup jauh, dan jalannya yang terjal. Beruntung api bisa dipadamkan sekitar 3 jam kemudian. "Pukul 22.20 WIB selesai penanganan," ujarnya.

Suud menambahkan, kejadian tersebut tidak sampai mengakibatkan korban, baik korban luka ataupun korban jiwa. Hanya saja kerugian ditaksir mencapai Rp 70 juta. (zr/don)