Lailiyah Rahmawati


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-03 08:21:30

Akun Facebook Palsu Bupati Pasuruan Berkedok Tawarkan Asuransi

PALSU: Postingan akun Facebook palsu mengatasnamakan Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, yang melakukan penipuan dengan mengirim pesan berisi ajakan untuk menjadi peserta asuransi.

PASURUAN, TADATODAYS.COM - Penipuan lewat facebook dengan mengatasnamakan akun milik Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, kembali terjadi. Akun palsu yang menggunakan foto profil Bupati Pasuruan dengan mengenakan seragam resmi itu, mengunggah status tentang penawaran produk multifinance atau asuransi dilengkapi pernyataan menyinggung soal Covid-19.

Bupati Pasuruan, Yusuf Irsyad, saat dikonfirmasi tadatodays.com menyampaikan klarifikasi, bahwa akun tersebut bukanlah akun miliknya. Gus Irsyad, sapaan akrabnya, mengungkapkan, situasi saat ini memang berpotensi dijadikan peluang untuk melakukan berbagai penipuan lewat media sosial. Apalagi dengan mengatasnamakan akun pejabat daerah.

Baca Juga : Beredar Akun Whatsapp Mengatasnamakan Bupati Probolinggo

“Masyarakat Kabupaten Pasuruan saya imbau untuk tidak mudah percaya jika menerima pesan akun Facebook yang mengatasnamakan saya,” tegasnya.

Baca Juga : Catut Nama Wabup Timbul Prihanjoko, Sebuah Akun Facebook Minta Sumbangan

Gus Irsyad menambahkan, selama ini dirinya tidak lagi aktif di dunia media sosial karena kesibukannya sebagai kepala daerah. Oleh karena itu, Gus Irsyad menambahkan, agar masyarakat Kabupaten Pasuruan dan semua pihak yang mengenal dirinya dan pernah dihubungi pemilik akun palsu tersebut untuk mengabaikan isi pesannya.

“Masyarakat saya wanti-wanti untuk lebih waspada,” terangnya.

Pada bulan Oktober 2020 lalu, nama Bupati Pasuruan juga pernah digunakan dalam aksi penipuan oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mencari keuntungan. Kala itu dengan modus berupa surat yang seolah-olah dikirimkan oleh pimpinan tertinggi di Kabupaten Pasuruan tersebut, lengkap dengan kop dan nomor surat, lampiran berikut cap stempel nama Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf. Isinya tentang permohonan dana untuk pengamanan pelaksanaan Pilkada. (ly/don)