Andi Saputra


Wartawan Tadatodays.com | 2021-04-20 15:35:06

Akun Medsos Universitas Jember Diretas

MEDSOS: Tim IT Universitas Jember masih berupaya memperbaiki dua akun medsos yang diretas, salah satunya instagram resmi Unej.

JEMBER, TADATODAYS.COM - Tiga akun resmi media sosial (medsos) milik Humas Universitas Jember yakni twitter, instagram, dan facebook diretas oleh orang tidak dikenal sejak Minggu (18/4/2021) siang lalu.

Dari ketiga medsos itu hanya facebook yang berhasil diselamatkan, sementara dua akun lainya dari pantauan tadatodays.com pada Selasa (20/4) pukul 13.20 WIB masih tidak dapat diakses.

Baca Juga : Banyak Desakan karena Dosen RH Belum Ditahan, Begini Penjelasan Polres Jember

Wakil Koordinator Humas Unej, Rokhmad Hidayanto saat dikonfirmasi menjelaskan, peretasan pertama kali diketahui bagian humas pada Minggu siang lalu.

Baca Juga : Unej Bebastugaskan RH, Polisi Lengkapi BAP

Saat itu, kata dia, staf Humas Unej hendak membuka medsos twitter untuk menjawab pertanyaan melalui updating informasi terbaru. Namun pada saat login ditolak oleh Twitter. "Akun e-mail yang dimasukkan tidak valid," katanya.

Kemudian staf memastikan dugaan peretas itu, dengan mengecek akun email [email protected], namun ternyata juga tidak bisa dibuka.

Dugaan peretasan email [email protected] itu, langsung dilaporkan ke Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK)  Unej, untuk dilakukan perbaikan email. Setelah dilakukan reset akhinya email dinyatakan aman. "Dua akun medsos belum bisa," ujarnya.

Sementara untuk mempermudah pelayanan informasi, humas Unej membuat akun instagram baru dengan alamat @Kampus_unej.

Meski demikian, pihak Unej belum berencana melaporkan peretasan itu kepada aparat kepolisian dan memilih melakukan upaya pengembalian akun medsos yang dibuat sejak 5 tahun lalu tersebut melalui tim IT. (as/don)