Usman Afandi


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-19 17:23:23

Alat Tangkap Nelayan Pesisir Alas Purwo Tak Memadai

NELAYAN: Dedicated Grant Mechanism (DGM) Indonesia menyerahkan bantuan perahu kepada nelayan di pesisir Alas Purwo Banyuwangi.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Kawasan Alas Purwo di Kabupaten Banyuwangi, tidak hanya dikenal dengan kawasan hutan yang masih lestari. Alas Purwo juga memiliki garis pantai yang kaya akan ekosistem laut. Namun sayang, nelayan setempat tidak bisa memaksimalkan potensi tersebut karena minimnya alat tangkap.

Surti Handayani, pengurus Dedicated Grant Mechanism  (DGM) Indonesia, mengatakan, kawasan pesisir Taman Nasional (TN) Alas Purwo mempunyai Sumber Daya Alam (SDA) melimpah, seperti kerang, kepiting, udang dan aneka jenis ikan laut.

Baca Juga : Hasil Tangkapan Ikan Nelayan Banyuwangi Menurun

Akan tetapi, menurut Handayani, fasilitas alat tangkap nelayan setempat kurang memadai sehingga tidak bisa memaksimalkan kekayaan ekosistem laut tersebut. “Tidak akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” katanya.

Baca Juga : Gagalkan Peredaran Miras Lingkup Nelayan Kraksaan

Karena itu, DGM memberikan bantuan alat tangkap berupa perahu kepada kelompok nelayan di wilayah pesisir Alas Purwo, Kamis (18/2/2021) kemarin. Bantuan alat perahu itu diberikan, guna meningkatkan perekonomian masyarakat, serta meningkatkan produktivitas hasil tangkapan nelayan.

Ia menjelaskan, sebelumnya, DGM juga melakukan survei di pesisir Alas Purwo bersama Aliansi Relawan untuk Penyelamatan Alam (ARuPA ). Hasilnya, banyak nelayan yang kurang produktif dan tempat wisata pantai tersebut juga sepi pengunjung. “Untuk itu, kami akan terus melakukan pendampingan," ujarnya.

Diketahui, DGM Indonesia merupakan pendanaan hibah yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan Masyarakat Adat dan Komunitas Lokal (MAKL) agar mereka terlibat penuh dalam memastikan hak dan akses hutan dan lahan serta mendapatkan peluang mata pencaharian  dari pengelolaannya secara lestari.

Handayani berharap, melalui bantuan perahu yang diberikan DGM Indonesia, nelayan di kawasan pesisir pantai selatan Banyuwangi bisa meningkatkan hasil produktivitas, sehingga kesejahteraan ekonomi nelayan dapat terjamin.

Sementara itu, Kepala Seksi wilayah 1 Balai Taman Nasional Alas Purwo (TNAP), Probo Wresni Adji yang juga ikut dalam acara penyerahan tersebut, berharap bantuan tersebut bisa membantu para nelayan mendapatkan hasil yang optimal. "Kami harap masyarakat bisa memanfaatkan perahu ini dengan baik," kata Probo. (usm/don)