Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-25 14:10:36

Amankan Mudik Lebaran, Polres Probolinggo Terjunkan 254 Personel

PENGAMANAN: Polres Probolinggo mengamankan ratusan personel untuk melancarkan pengamanan arus mudik dan balik lebaran 2022.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Polres Probolinggo menerjukan 254 personel dari aparat gabungan untuk mengamankan arus mudik dan balik lebaran 2022. Selain keamanan, polres juga mengantisipasi kemacetan yang muncul saat arus mudik dan balik lebaran.

Karena itu, Polres Probolinggo memajukan operasi ketupat yang semula dijadwalkan dimulai 28 April 2022 menjadi 22 April 2022. Pembukaan operasi ketupat ini ditandai dengan apel pasukan operasi ketupat 2022, di halaman Mapolres Probolinggo, Jumat (22/4/2022). Personil akan berjaga hingga H+7 dari hari raya.

Baca Juga : Sopir Tertidur di SPBU, Barang Dicuri Pakai Tongsis

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan, pelaksanaan operasi ketupat ini melibatkan 254 personil gabungan. Terdiri dari 150 personel kepolisian, 18 personel TNI, dan 86 personel pendukung.

Baca Juga : Antisipasi Arus Balik, Polresta Banyuwangi Terjunkan 920 Personel Gabungan

Di antaranya, Satpol PP; Dinas Perhubungan (Dishub); Dinas Kesehatan (Dinkes); Pramuka; Palang Merah Indonesia (PMI); Sentra Komunikasi (Senkom) Mitra Polri; Organisasi Radio Amatir Indonesia (Orari); dan petugas Pemadam Kebakaran (Damkar). “Personel akan ditempatkan di tiga posko,” terangnya, Sabtu (23/4/2022).

Ketiga posko itu terdiri dari dua posko pengamanan di Kecamatan Paiton dan Kecamatan Kraksaan. Serta satu posko pelayanan yang berada di exit tol Kecamatan Leces. Seluruh personel akan bergantian untuk berjaga, mulai melakukan pengamanan hingga gangguan kamtibmas.

Selain itu, personel juga diminta untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas. Karena mudik tahun ini merupakan mudik pertama setelah dua tahun terakhir dilarang oleh pemerintah. Hal itu dapat membuat masyarakat akan berbondong-bondong menggunakan kesempatan bertemu keluarga tahun ini.

Kapolres juga mengimbau masyarakat khususnya para pemudik untuk disiplin menjaga protokol kesehatan. Dan selalu berhati-hati dalam berkendara, jika lelah beristirahat sejenak. (zr/sp)