Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-07-14 19:02:58

Anggap Efektif Tekan Mobilitas Warga, Sebagian PJU Jalur Pantura Kraksaan Dimatikan

GELAP: Jalur Pantura di Kraksaan Kabupaten Probolinggo dimatikan. Dishub setempat menganggap, langkah itu efektif untuk menekan mobilitas warga yang masih tinggi.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Setelah menambah ruas jalan yang ditutup akibat mobilitas warga masih padat di tengah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Kini Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo mematikan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di ruas jalan Pantura Kota Kraksaan.

Dari pantauan tadatodays.com pada Selasa, (13/7/2021), sekira pukul 19.30 WIB  beberapa PJU dimatikan. Khususnya yang berada  di sekitar Alun-alun Kraksan. Jalanan pun gelap hanya diterangi lampu-lampu kendaraan yang melintas.

Baca Juga : Penerapan PPKM Berpotensi Timbulkan PHK Besar-besaran di Banyuwangi

Sementara di Jalan Pantura masuk Kelurahan Kraksaan Wetan, hingga ke timur batas Kota Kraksaan PJU tetap menyala.

Baca Juga : Klaim PPKM Berhasil, Angka BOR Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di Jember Turun Jadi 75 Persen

Plt Kepala Dishub setempat Tatok Krismarhento menuturkan, pihaknya sengaja mematikan lampu tersebut karena mobilitas di wilayah Kabupaten Probolinggo masih tinggi. Khususnya di wilayah Kota Kraksaan.

Tatok membenarkan bahwa pihaknya hanya mematikan sebagian PJU saja. Namun jika rakyat membandel, maka pihaknya tidak akan segan-segan untuk mematikan seluruh PJU. "Makanya jangan keluar kalau tidak urgen," katanya, Rabu (14/7).

Selain PJU, sebelumnya, Dishub sudah mematikan lampu di taman-taman ataupun tempat umum lainnya. Seperti halnya, Alun-alun Kraksaan dan taman SL Park. Mematikan lampu di tempat umum tersebut dinilai cukup efektif, karena sejak dimatikan hampir tak ada warga yang berada di area tersebut pada malam hari.

Karena itu, pihaknya mencoba untuk mematikan PJU di jalan pantura. Meski hanya sebagian yang dimatikan, ia berharap masyarakat bisa memahami bahwa saat ini masih dalam masa PPKM. "Patuhi dulu aturannya," ujarnya. (zr/don)