Usman Afandi


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-05 20:00:54

Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah dan Toko di Banyuwangi

CUACA EKSTREM: Atap salah satu rumah warga mengalami kerusakan dan tercecer di dalam rumah, setelah angin kencang menerjang Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Banyuwangi.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM -  Puluhan atap rumah di Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, diterjang angin kencang, Jumat (05/2/2021) sore.

Warga sekitar, Faizin, mengatakan, kejadian tersebut terjadi di wilayah Pasar Desa Sraten sekitar pukul 16:00 WIB. Saat itu dirinya tengah berada di dalam rumahnya. "Berlangsung sangat cepat," ujar Faizin.

Baca Juga : Pascagempa, Angin Kencang Tumbangkan Pohon dan Timpa Rumah

Ia menjelaskan, akibat kejadian itu puluhan atap rumah dan atap toko mengalami kerusakan. Selain itu salah seorang warga mengalami luka akibat terkena atap jatuh.

Baca Juga : Angin Kencang Landa Jember, 9 Pohon Tumbang dan Menimpa Innova

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Eka Muharam saat ditanya tadatodays.com usai melihat Pos plPantau Gunung Raung di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, menyampaikan  bahwa kejadian tersebut hanyalah angin kencang biasa. "Bukan angin puting beliung, itu yang kami terima laporannya," kata Eka.

Ia menjelaskan, kejadian angin kencang tersebut hanyalah peristiwa biasa dan masyarakat tidak perlu panik. Menurutnya, bencana seperti itu sering terjadi saat musim hujan.

Terkait penanganan, kata Eka, pihaknya saat ini sudah berkoordinasi dengan aparat kecamatan setempat untuk menindaklanjuti kejadian tersebut. Akan tetapi jika dirasa membutuhkan bantuan BPBD, pihaknya akan siap untuk membantu memobilisasi sumber daya untuk membantu kerusakan dan kerugian yang ada di lokasi. "Kalau tidak ada kemampuan dari pihak aparat setempat, kita akan dukung," katanya. (usm/don)