Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-04-01 08:01:08

Antisipasi Teror di Hari Paskah, Polres Probolinggo Lakukan Sterilisasi Gereja

AMAN: Petugas Polres Probolinggo saat menyisir seluruh bagian dalam gereja, di salah satu gereja di Kraksaan.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Polres Probolinggo melakukan pengecekan gereja di wilayah hukumnya, Rabu (31/3/2021) malam kemarin. Pengecekan itu dilakukan guna mengantisipasi adanya teror saat perayaan Paskah, yang akan berlangsung pada Jumat (2/4/2021).

Paur Humas Polres Probolinggo, Bripka Mukhtar Yuliaharto  menjelaskan, dalam sterilisasi itu petugas mengunakan alat metal detector untuk mendeteksi logam. "Supaya aman," katanya, Kamis (1/4/2021) pagi.

Baca Juga : Jadi Guru Agama, Pelaku Pembunuhan JH Karib Dipanggil Abah

Mukhtar juga menerangkan, saat perayaan berlangsung pengamanan bakal diperketat. Sejumlah personel gabungan TNI dan Polri akan dikerahkan untuk berjaga di setiap gereja. 

Baca Juga : Terungkap, Pelaku Bunuh JH setelah Gagal Gandakan Uang

Selain berjaga, personel ini secara bergantian akan berpatroli di sekitar gereja. Petugas juga tidak segan untuk mengambil tindakan tegas, apabila ada sesuatu atau seseorang yang mencurigakan.

Untuk itu, polisi tidak memperkenankan mereka yang tidak mempunyai kepentingan masuk dalam acara peringatan wafatnya Sibhi Isa Al-Masih ini. "Harus steril," katanya.

Rangkaian pengamanan tersebut dilakukan guna mengantisipasi adanya aksi terorisme, seperti aksi bom bunuh diri di halaman Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan.

Tak hanya terkait antisipasi terorisme, kepolisian juga mengharuskan para jemaat untuk menerapkan protokol kesehatan saat melakukan serangkaian kegiatan di gereja. (zr/don)