Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-09-23 08:59:08

Api Melalap Warung di Tegalsiwalan, Kerugian Rp 50 Juta

BERKOBAR: Kebakaran warung pracangan di Dusun Grintingan, Desa Blado Kulon, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo, Kamis (22/9/2022) malam.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Sebuah warung pracangan di Dusun Grintingan, RT 19 - RW 03, Desa Blado Kulon, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo hangus terbakar, Kamis (22/9/2022) sekitar pukul 22.30 WIB. Dalam kebakaran yang diduga dipicu korsleting listrik itu, kerugiannya ditaksir mencapai Rp 50 juta. 

Toko tersebut milik warga setempat bernama Kandap, 60. Menurut Humas Damkar (Pemadam Kebakaran) Kabupaten Probolinggo Sholehudin, kebakaran itu pertama kali diketahui oleh Suyono, seorang warga setempat yang sedang nongkrong di warung kopi, tak jauh dari lokasi.

Baca Juga : Memasak, Ditinggal Mengantar Anak, Dapur Ludes Terbakar

Suyono dan forum ngopi malam itu kaget dengan munculnya api di toko milik Kandap yang sudah ditutup sejak petang tersebut. Mereka segera bergegas membantu memadamkan api. Namun karena hembusan angin kencang, api cepat membesar dan membakar seluruh bangunan. "Bangunan terbuat dari kayu sirap dan bambu," kata Sholehudin,  Jumat (23/9/2022) dini hari.

Baca Juga : 10 Jam Kebakaran Pabrik Kayu Wonomerto, Rugi Miliaran Rupiah

Kebakaran ini kemudian dilaporkan ke Polsek Tegalsiwalan dan Damkar Kabupaten Probolinggo. Selanjutnya, Damkar Kabupaten Probolinggo mengerahkan lima personel dan armada damkar dengan kapasitas 6.000 liter air.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, karena saat itu kondisi toko tertutup dan pemilik sudah pulang. Namun, seluruh bangunan toko pracangan itu habis dilahap si jago merah hingga rata dengan tanah. "Kerugian ditaksir mencapai Rp 50 juta," katanya.

Api berhasil dipadamkan dan didinginkan, sehingga tidak sampai menjalar ke bangunan lainnya yang berada dekat dengan toko tersebut. (zr/why)