Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2020-09-18 17:41:00

As Roda Patah, Truk Muatan Es Terguling di Probolinggo

KEMBALI TEGAK: Truk pengangkut es berhasil ditegakkan sekitar pukul 08.15 pada Jum'at (18/09/20) setelah sempat ambruk karena as roda patah.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Sebuah truk pengangkut es terguling di jalan raya Pantura, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo. Penyebabnya, as roda truk patah, sehingga es yang dimuat pun hancur dan berhamburan di jalan. Beruntung sopir truk, Eko Juned Alfiansyah, 48, selamat pada peristiwa yang terjadi Jum'at (18/9/2020) itu.

Informasi yang berhasil dihimpun Tadatodays.com, kejadian tersebut bermula saat sopir yang merupakan warga Desa Pandean, Kecamatan Paiton itu melaju dari arah Paiton menuju Kota Probolinggo.

Baca Juga : Hindari Truk Lain, Truk Pengangkut Tanah Terguling di Probolinggo

Bersamanya, ada dua penumpang lain yaitu Anggoro, 24, warga Desa/ Kecamatan Kotaanyar dan Yusup, 40, warga Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton. Saat tengah melaju dengan kecepatan sedang, tiba-tiba roda truk dengan nopol P-9969-UV itu lepas. Tepat pukul 05.45 WIB, truk mengalami oleng dan es balok yang dimuatnya berjatuhan.

Baca Juga : Adu Moncong Motor vs Motor, Pria Asal Probolinggo Tewas di Tempat

"Itu (truck, red) berjalan dari arah timur mas, tidak begitu cepat mas. Tiba-tiba rodanya lepas, jadi mobil langsung oleng. Muat es balok yang langsung berhamburan," ucap, Ilyas Adi, warga sekitar, saat dimintai keterangan.

Hal senada disampaikan oleh Kanit Laka Polres Probolinggo, Iptu I Nyoman Harajasa. Ia mengatakan bahwa tergulingnya truk karena sopir sudah tidak bisa mengendalikan laju kendaraan, sesaat setelah ban belakang sebelah kirinya lepas.

"Berjalan dari arah timur ke barat memuat es balok. Sesampai di TKP diduga tidak dapat menguasai laju kendaraan dan terguling di badan jalan sebelah selatan," terangnya.

Sementara sopir truk, Eko Juned Alfiansyah enggan memberikan keterangan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Hanya kerugian materil ditaksir mencapai Rp 1 juta. Kemudian tepat pada pukul 08.15 WIB truk berhasil ditegakkan dan langsung dipindahkan menggunakan mobil derek. (zr/hvn)