Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-16 11:24:12

Awan Panas Guguran Semeru Kembali Menerjang, Tim SAR Berlarian

APG: Awan Panas Guguran (APG) kembali keluar dari kawah Gunung Semeru dan mengarah ke lokasi pencarian di Desa Supiturang. Petugas pos pantau menyebutkan, APG itu terhenti di Dusun Gumukmas, Desa Supiturang. (foto: istimewa)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang kembali erupsi besar pada Kamis (16/12/2021) pagi. Awan  Panas Guguran (APG) bergerak mengarah ke Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo. Sejumlah relawan dan tim SAR pun berlarian meninggalkan lokasi pencarian.

Video gerakan APG Gunung Semeru yang terjadi di Kecamatan Pronojiwo, beredar luas di media sosial. Tampak sejumlah tim SAR meninggalkan lokasi. Ada yang berlari dan sebagian lagi menggunakan kendaraan.

Hingga berita ini ditulis pukul 11 siang, belum ada keterangan resmi dari Pos Pantau Gunungapi Semeru.

Sementara berdasarkan keterangan Pj Kepala Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipiro, Abdul Azis mengatakan APG itu terjadi sekitar pukul 09:01 WIB. 

Azis yang juga mendapat data resmi dari pos pantau, menyebutkan bahwa data seismogram amplitudo maksimum 25 mm, dengan gempa 912 detik. Untuk arak luncur APG sejau 4, 5 km dari puncak kawah Gunung Semeru ke arah Dusun Besuk Kobokan. 

Azis menjelaskan, sejumlah warga di Desa Supiturang sudah dievakuasi. "Warga Curah Kobokan dievakuasi ke Desa Sumbermujur. Sebelumnya warga sudah membawa barang-barang mereka yang bisa diselamatkan," katanya. (zr/don)