Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-31 12:21:30

Awas! Malam Tahun Baru Satgas di Probolinggo akan Operasi Yustisi

DI RUMAH SAJA: Satgas Covid-19 Kabupaten Probolinggo bakal menggelar operasi yustisi dilanjutkan rapid test antigen, saat malam tahun baru 2021.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 pasca pergantian tahun baru, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo akan menggelar operasi yustisi di jam malam di tempat-tempat kerumunan. Berbeda dengan yustisi sebelumnya yang hanya menerapkan sanksi sosial atau sanksi denda, operasi pada jam ini juga dilakukan rapid tes antigen.

Operasi yustisi jam malam ini akan diberlakukan selama 5 hari kedepan, terhitung mulai Kamis (31/12/2020), hingga Senin (4/1/2021). Dengan demikian, di malam pergantian baru nanti, operasi yustisi di jam malam itu mulai diterapkan

Baca Juga : Kabupaten Probolinggo Tidak Terapkan PPKM

Ada beberapa kawasan yang menjadi titik operasi pertama, seperti di Alun-alun Kota Kraksaan, yang disinyalir jadi  pusat kerumunan saat malam pergantian tahun.

Baca Juga : Rapid Test Antigen di Pasar Semampir, Satu Orang Positif

Ugas Irwanto, Koordinator Pengamanan dan Penegakan Hukum Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo mengatakan, operasi tersebut akan digelar pada pukul 19.00 WIB. Menurutnya, kegiatan nantinya mengawali pemberlakuan jam malam di seluruh daerah di Provinsi Jawa Timur.

Diketahui, Pemprov Jawa Timur memulai operasi yustisi malam pada pukul 20.00 WIB sampai Pukul  04.00 WIB. "Kita awali (Pukul 19.00 WIB) dan kita fokuskan ke warga Kabupaten," sampainya pada tadatodays.com, Kamis (31/12/2020).

Menurut Ugas, hal itu dilakukan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak keluar jika tidak ada kepentingan yang begitu mendesak. Sementara untuk siang harinya, kata Ugas, sudah ada petugas yang berjaga di Pos Pengamanan (Pospam) Nataru. “Kalau tidak perlu-perlu jangan keluar lah," harapnya.

Pria yang juga menjabat Kepala Badan Kesbangpol setempat ini melanjutkan, saat ini ini banyak orang luar daerah yang berdatangan, terutama sebelum dimulainya hari kerja. “Nanti tanggal 4 (Januari) ini kan sudah jam dinas, jadinya banyak yang sudah kembali," tutupnya. (zr/don)