Usman Afandi


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-06 18:22:31

Bagikan Ratusan Sembako di Banyuwangi, NKI Koordinasi dengan Pemerintah

PEDULI: NKI memberikan bantuan pada korban terdampak puting beliung di Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Ratusan sembako dibagikan yayasan peduli sosial Nasim Khan Institute (NKI) pada warga terdampak bencana di Banyuwangi, Sabtu (6/2/2021). Dalam penyalurannya, NKI berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan maupun desa agar tepat sasaran.

Tenaga ahli NKI Banyuwangi Arifin pada tadatodays.com mengatakan, dalam koordinasi dengan pemerintah, pihaknya juga mendata jumlah warga terdampak serta jumlah kerusakan.

“Bantuan yang diberikan nanti sesuai kebutuhan. Bisa sembako, bisa bahan untuk memperbaiki rumah yang rusak,” katanya. Warga terdampak di antaranya Desa Sraten, Kecamatan Cluring, yang memang paling parah.

NKI sendiri merupakan bentukan anggota DPR RI Fraksi PKB Nasim Khan. NKI selama ini memang berperan serta dalam kegiatan sosial ketika terjadi bencana. Tidak hanya di Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso.

Bantuan sembako yang dibagikan pada masyarakat berjumlah sekitar 100 paket. Di antaranya beras, mi instan, minyak goreng, dan kebutuhan lainnya. “Kami berharap bisa meringankan beban warga terdampak,” katanya.

Sementara itu, data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi mencatat, akibat peristiwa angin puting beliung, setidaknya ada 27 rumah mengalami kerusakan. Baik kategori sedang hingga rusak parah.

Selain itu, angin puting beliung juga berdampak pada pemadaman listrik, rusaknya fasilitas umum, dan salah satu warga tertimpa atap rumah. Meski diketahui hanya mengalami luka ringan.

Sumail, 49, salah seorang warga mengucapkan syukur dan terima kasih atas bantuan yang diberikan NKI. “Bantuan sembako ini sangat bermanfaat bagi kami,” katanya. (usm/sp)