Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-05-09 20:49:59

Bagikan Santunan, Cara Remaja Masjid Bantu Duafa di Tengah Pandemi

PEDULI: Ketua Remaja Masjid Baiturrahman Ali Musdhafir, saat membagikan sembako ke salah satu kaum duafa di Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Remaja Masjid (Remas) Baiturrahman, Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo menggelar santunan anak yatim dan kaum duafa, Minggu (9/4/2021). Kegiatan tersebut dikemas dengan acara buka bersama sekaligus tasyakuran khotmil quran di masjid setempat.

Ketua Remas Masjid Baiturrahman, Ali Musdhafir menuturkan, sebanyak 22 anak yatim yang disantuni dan 50 orang kaum duafa. Hanya saja, untuk kaum duafanya hanya diundang 5 orang saja, sedangkan sisanya disalurkan langsung ke rumah penerima.

Baca Juga : Kambing Milik Duda asal Randutatah Digondol Maling

Hal itu dilakukan, selain untuk mengantisipasi banyaknya kerumunan di masa pandemi covid-19, pihaknya juga tak ingin merepotkan kaum duafa yang rata-rata sudah lanjut usia. "Anak yatimnya kita hadirkan," tutur pemuda yang karib disapa Ali ini.

Ali menjelaskan, 50 kaum duafa itu itu hanya diambil dari Dusun Kramat, dan Dusun Ghilin saja. Sedangkan kaum duafa di Dusun Patukangan belum dibantu disebabkan karena keterbatasan dana.

Bahkan, 50 sembako yang disumbangkan ke kaum duafa, 30 sembako didapat dari sumbangan Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Probolinggo. Sedangkan sembako lainnya, ia harus sediakan sendiri dari anggaran yang didapat dari sumbangan yang dikumpulkan oleh remas.

Ali berharap, pihaknya dapat mengumpulkan sumbangan lebih banyak lagi. Sehingga, pihaknya mampu menjamah seluruh masyarakat se Desa Randutatah, terlebih mampu menjamah keluar desa setempat. (zr/don)