Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-08-28 16:32:06

Bakar Sampah, Rumah Warga Kraksaan Ludes Terbakar

KEBAKARAN: Upaya pemadaman rumah milik warga Semampir, Kraksaan, yang terbakar pada Minggu (28/8/2022) pagi.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Rumah milik Misnawan, warga Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, ludes terbakar pada Minggu (28/8/2022) pagi. Kebakaran ini diduga disebabkan pembakaran sampah oleh pemilik rumah, hingga api merembet ke rumahnya. 

Humas Damkar Kabupaten Probolinggo Sholehudin mengatakan, pihaknya menerima informasi terjadinya kebakaran itu pada pukul 10.21 WIB. Tak membutuhkan waktu lama, pihaknya segera berangkat ke lokasi dan tiba pada pukul 10.25 WIB. "Selesai penanganan 10.50 WIB," katanya.

Baca Juga : Memasak, Ditinggal Mengantar Anak, Dapur Ludes Terbakar

Sholehudin menceritakan, kebakaran bermula saat pemilik melakukan bersih-bersih sampah di sekitar rumahnya. Sampah tersebut ditumpuk, kemudian dibakar. Usai membakar sampah, pemilik pergi keluar rumah untuk urusan lain.

Baca Juga : Api Melalap Warung di Tegalsiwalan, Kerugian Rp 50 Juta

Namun sayang, api yang membakar sampah tersebut membesar dan merembet ke bagian rumah milik Misnawan. "Ditambah kondisi angin kencang," katanya. Alhasil, rumah tersebut ludes dilalap si jago merah.

Proses pemadaman sempat mengalami kendala, karena saat itu mobil pemadam terhalang oleh pentas Agustusan di kampung tersebut. Alhasil petugas langsung menggunakan mesin pompa air dan mengambil air dari sungai setempat. "Kami langsung lakukan pemadaman dan pendinginan," ujar Sholehudin.

Tidak sampai ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sedangkan kerugian materiil ditaksir mencapai jutaan rupiah. (zr/why)