Lailiyah Rahmawati


Wartawan Tadatodays.com | 2021-03-02 07:52:50

Bangunan Miring, Muncul Meme Mal Poncol Saingi Menara Pisa

KONSTRUKSI: Bangunan mal Poncol di Jalan Wahid Hasyim, Kota Pasuruan, yang beredar informasi kondisi bangunan miring ke selatan.

PASURUAN, TADATODAYS.COM -  Kabar tidak enak tentang kondisi bangunan Mal Poncol Kota Pasuruan, beredar. Kondisi bangunan dikabarkan miring ke selatan. Hal itu disampaikan Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf, di Paripurna Serah Terima Jabatan Plh Wali Kota pada Wali Kota Pasuruan terpilih 2020, di Ruang Paripurna DPRD Kota Pasuruan.

Saifullah Yusuf menyampaikan, pihaknya mendapat informasi tersebut dari mantan Kepala Disperindag Pemkot Pasuruan, Marni. "Ini harus segera ditanggapi cepat oleh kami," ujar Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Kabar tersebut kemudian ramai menjadi perbincangan. Bahkan sampai ada yang membuat meme foto bangunan Mal Poncol menyamai Menara Pisa di Italia.

Dari pantauan tadatodays.com, sebenarnya kondisi bangunan Mal Poncol memang mengalami kerusakan yang bisa dilihat jelas. Plafon bagian depan rusak. Jika dikelilingi dan dilihat bagian atas bangunan dari luar, juga tampak kerusakan.

Beberapa waktu sebelumnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan juga sudah memberikan larangan berjualan di sekitar bangunan, dikarenakan masyarakat khawatir tertimpa runtuhan atap sebelah utara Mal Poncol.

Plt Kepala Disperindag Kota Pasuruan, Lucky Danardono, pun gerak cepat menanggapi kabar miringnya bangunan Mal Poncol. "Kami sudah mengirim surat pada Dinas Pekerjaan Umum untuk melakukan audit konstruksi kondisi bangunan (Mal)," ujar Lucky.

Bangunan Mal Poncol sendiri memang mangkrak sejak tahun 2015. Rencanannya Mal Poncol akan difungsikan sebagai Mal Pelayanan Publik, yang memudahkan masyarakat Kota Pasuruan mendapatkan pelayanan seperti pembuatan KTP elektronik, pembayaran pajak dan sebagainya.

Terkait hal itu, Plt Kepala UPTD Pasar Disperindag Kota Pasuruan, Ridho Wijaya mengungkapkan, setelah hasil audit kondisi bangunan Mal Poncol keluar pihaknya sudah menyiapkan rencana lanjutan untuk memfungsikan Mal Poncol sebagai Mal Pelayanan Publik. (ly/don)