Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-12-09 18:34:03

Bantuan Pakan Ternak Gratis Diserbu Warga Korban Erupsi Gunung Semeru

TERNAK: Slamet bersyukur dengan adanya bantuan rumput untuk pakan sapi miliknya. Sebab, lahan pertanian yang biasa jadi tempatnya mencari rumput telah rusak tertimbun avu vulkanik Gunung Semeru.

LUMAJANG, TADATODAYS.COM - Peternak sapi dan kambing yang terdampak erupsi Gunung Semeru, mendapatkan pakan ternak gratis dari Kementerian Peternakan RI, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, serta Dinas Peternakan Kabupaten Lumajang. Tak ayal, pakan ternak gratis itu langsung diserbu peternak.

Dari pantauan tadatodays.com pada Kamis (9/12/2021) siang, di posko pakan ternak yang ada di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, warga berbondong-bondong mengambil pakan ternaknya tersebut.

Baca Juga : PKK Kota Probolinggo Bantu Peralatan Salat untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Salah seorang peternak asal Desa Sumberwuluh, Slamet mengaku senang atas bantuan rumput tersebut. Pasalnya karena erupsi Gunung Semeru ia tidak lagi bisa menyabit di lahan pertaniannya. “Terpaksa membeli Lumajang (kota)," terangnya, pada tadatodays.com.

Baca Juga : Gunung Semeru Meletus, Buasan Terpisah dengan Istrinya di Jembatan Gladak Perak

Slamet mengaku kalau sebenarnya untuk pakan tersebut tidak cukup untuk satu ekor sapi jenis limusin yang ia pelihara. Sehingga terpaksa ia harus mencari di lahan pertanian milik saudaranya, dan terkadang beli di daerah Lumajang Kota "Sudah jatahnya satu ikat, mas," tuturnya.

Terpisah, Staf Dinas Peternakan Jatim Anto Lismanto, mengatakan kalau pihaknya setiap harinya menyediakan pakan ternak sebanyak 12,5 ribu ton rumput segar. Sedangkan pakan ternak olahan sekitar 12 ton. "Obat-obatan ada 16 ribu dosis," katanya.

Sedangkan Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinas Peternakan Lumajang, drh Rofiah mengatakan kalau di Desa Sumberwuluh ada sebanyak 500 ekor sapi dan 1.100 kambing yang terdampak abu vulkanik.

Rata-rata ternak tersebut terserang flu akibat abu vulkanik. Ada juga yang mengalami luka bakar akibat panas abu vulkanik. "Kami sudah berikan penanganan medis," ujarnya.

Diketahui, untuk mengambil rumput gratis tersebut, peternak harus menyetor nama yang sudah terdata di posko tersebut. (zr/don)