Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-10-29 10:33:14

Banyak Bacakades Urus SKCK, Polres Probolinggo Tambah Personel

LAYANAN: Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, memastikan akan memberikan layanan SKCK secara maksimal kepada masyarakat. Termasuk, perysaratan SKCK bagi bacakades.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahap II di 253 desa se Kabupaten Probolinggo sudah dimulai. Pendaftaran untuk calon kades juga sudah dibuka. Salah satu syarat untuk bakal calon kepala desa (bacakades) adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi menyampaikan pihaknya sudah siap untuk melayani para bacakades yang hendak mengurus SKCK. “Menambah personel pada bagian penerbitan SKCK,” kata perwira yang karib disapa Arsya ini, Kamis (28/10) kemarin.

Baca Juga : Berkas Pendaftarannya Dikembalikan Panitia, Tiga Bacakades Mengadu ke DPRD

Selain menambah personel dari anggota polres, juga ditambah dari petugas polsek jajaran Polres Probolinggo. Sehingga dengan penambahan ini, lanjut Arsya, pihaknya dapat melayani masyarakat dengan baik, khususnya bakal calon kades yang membutuhkan SKCK.

Baca Juga : Dispendik Temukan Empat Ijazah Bacakades yang Diduga Palsu

Selain menambah jumlah petugas layanan SKCK, Polres Probolinggo juga melakukan pengkondisian jam pelayanan SKCK. Dimana jika pada saat jam kerja sudah habis, tapi pengurus SKCK masih banyak, maka pihaknya akan memperpanjang jam pelayanan.

Ia berharap dengan upaya yang dilakukan ini dapat membantu bacakades untuk mendapatkan persyaratan SKCK itu dengan cepat dan baik. Sehingga SKCK bisa keluar sesuai dengan waktu yang cepat, tapi tidak mengurangi kualitasnya. "Kami semaksimal mungkin akan membantu," katanya.

Sekadar informasi, tahapan Pilkades serentak tahap II dimulai dengan pendaftaran pada Kamis (28/10/2021). Pendaftaran dibuka sampai tanggal 9 November 2021. Sedangkan pemungutan suara bakal digelar pada 17 Februari 2022. (zr/don)