Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-07-27 12:52:24

Banyak Isoman Lalai, Pemkot Siapkan Opsi Tempat Isolasi Terpusat

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemerintah Kota Probolinggo menyiapkan tempat isolasi terpusat, untuk mencegah penyalahgunaan isolasi mandiri oleh pasien dengan gejala ringan. Ada dua tempat yang sementara ini dijadikan opsi yaitu Gor Mastrip dan SMKN 2 Kota Probolinggo.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin, saat mengunjungi Gor Mastrip, Selasa (27/7/2021) sekira pukul 10.30 WIB. Setelah memantau gedung olahraga itu, wali kota akan berkoordinasi terlebih dahulu untuk memastikan tempat isolasi terpusat.

Baca Juga : Pemkot Tambah Isoter di SMPN 6, Siapkan 100 Tempat Tidur

Wali Kota Hadi mengatakan, pemkot selanjutnya tidak akan mengambil kebijakan terkait isolasi mandiri. Seluruh pasien covid-19 akan diisolasi secara terpusat.

Baca Juga : Dana Pemeliharaan Sarana Olahraga di Kota Probolinggo Tak Ideal

Menurutnya, langkah itu dilakukan karena pemkot tidak menginginkan adanya kelalaian dari pasien. "Jadi ada tenaga kesehatan yang memantau," katanya.

Politisi PKB ini menyampaikan, jika terdapat fasiltas isolasi yang tidak standar, maka pemkot akan menyiapkannya. "Kita belum memiliki tempat yang standar untuk isolasi. Di Rusunawa sudah full," ujarnya.

Tapi jika nantinya Gor Mastrip dijadikan tempat isolasi, maka akan disiagakan 6 dokter dan tenaga medis, 12 perawat dan 12 tenaga administrasi, 12 costumer servis dan penjaga keamanan. (ang/don)