Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2020-08-02 19:19:59

Bengkel Pembuatan Mebel di Paiton Probolinggo Terbakar

BERASAP: Bengkel pembuatan mebel di Kecamatan Paiton ini dilalap api yang diduga berasal dari tumpukan sampah yang dibakar.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Sebuah bengkel mebel kayu yang terletak di Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo terbakar api. Peristiwa itu berlangsung pada Minggu (2/8/2020) sekira pukul 12.30 WIB. Di ketahui pemilik mebel kayu tersebut adalah Mustofa, warga Desa Alastengah, kecamatan setempat.

Khoirul Anwar, 30, salah satu saksi mata mengatakan, pada saat itu ia sedang berada di sawahnya yang terletak di selatan jalan. Sedangkan bengkel mebel terletak di utara jalan. Ia kemudian hendak mengambil air minum di dekat mebel, pada saat itu juga ia melihat percikan api di dalam mebel tersebut yang diduganya berasal dari pembakaran tumpukan sampah.

Baca Juga : Lahan 27 Hektare Milik Pertamina di Pasuruan Terbakar, Ini Penyebabnya

"Saya lagi garap sawah mas, kebetulan mau ngambil air di dekat mebel itu. Kemudian saya melihat api dari tumpukan sampah di dekat mebel," jelas Khoirul.

Baca Juga : Keluarga Korban Kebakaran Pabrik Furnitur Dijanjikan Santunan dan Beasiswa

Mendapati hal itu ia langsung memanggil warga sekitar guna meminta pertolongan untuk memadamkan api. Dengan pertolongan warga sekitar dan peralatan sederhana, api berhasil dipadamkan sebelum melalap seluruh gudang tersebut. Namun beberapa kayu yang hendak dijadikan meja dan kursi turut terbakar. Beruntung pula saat kebakaran terjadi, pemilik beserta karyawannya tidak berada di lokasi.

"Alhamdulilah berhasil dipadamkan sebelum besar, dan juga tidak ada orang di dalamnya," ujar Khoirul.

Hal senada juga disampaikan Makbul Andriyono, 24, warga Desa Triwungan, Kecamatan Kotaanyar. Ia mengaku saat itu sedang berada di warung makan, samping timur lokasi kejadian. Ketika itu ia mendengar teriakan dari orang yang berada di lokasi dan sudah melihat api melalap serbuk kayu dan kayu-kayu.

"Saya di warung, terus ada suara orang teriak. Jadi saya langsung kesana, ternyata mebel kebakaran. Kalau korban jiwa tidak ada, saat itu di dalam mebelnya tidak ada orang cuma diluar banyak warga yang sudah membantu memadamkan api," jelasnya.

Karena api berhasil dipadamkan sebelum membesar, maka warga tidak ada yang melapor ke damkar ataupun polsek setempat. (zr/hvn)