Amelia Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2022-08-06 19:59:20

Berawal dari Hobi, Riano Rintis Sukses dengan Sakura Organizer

SAKURA ORGANIZER: Riano bersama timnya di Sakura Organizer. Prinsipnya, mengutamakan kualitas dengan selalu bekerja sepenuh hati dan memberikan yang terbaik agar dapat selalu memenuhi kepuasan pengguna jasa.

Pernikahan menjadi momen sakral yang ingin dijalani setiap pasangan baru secara lancar, khidmat, sekaligus meriah dan memorable. Nah, agar semua situasi prosesi pernikahan yang diinginkan itu tercapai maksimal, saat ini semakin banyak pernikahan di Probolinggo yang dipercayakan penyelenggaraannya kepada wedding organizer. Seiring dengan itu, bermunculan lah anak-anak muda yang menjalankan bisnis wedding organizer. Salah satunya adalah Sakura Wedding. 

-------------------------------

Baca Juga : Berawal dari Hobi, Riano Merintis Sukses dengan Sakura Organizer

CREATIVEPRENEUR. Term itulah yang dipilih Riano Mei Rangga Saputra sebagai julukan profesinya saat ini. Berangkat dari hobi meng-organize atau mengatur/menata beberapa acara teman, Riano akhirnya berkeinginan untuk mendirikan Event Organizer (EO) sendiri.

"Jadi dulu ceritanya, aku bantu acara nikahan teman. Nah, dari sana kemudian kok banyak orang yang cocok sama konsep yang aku buat," kata Riano.

Singkat cerita, Riano akhirnya membuka usaha. Sebagai pemula, dia hanya ingin menyalurkan hasrat membuka EO tanpa berharap dapat uang yang banyak. Sebab pria 32 tahun ini sebenarnya sekarang sudah tercatat sebagai salah satu pegawai bank BUMN di Probolinggo.

Setelah berembuk dengan sang istri, dipakailah nama Sakura, yaitu nama bunga terkenal dari Jepang.  Riano mejelaskan bahwa usahanya tersebut resmi berdiri tahun 2019 dengan nama "Sakura Organizer". Di dalam Sakura Organizer ini tentu menyediakan jasa wedding organizer. 

"Kalau sakura organizer ini sendiri dirintis mulai tahun 2019, namun kalau untuk hobi yang  digeluti ini sudah dijalankannya sejak sama dan masa kuliah," tambah Riano.

Seiring berjalannya waktu, Sakura Organizer banyak dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Sakura Wedding, dikarenakan banyak acara pernikahan yang sudah menggunakan jasanya. Bahkan pada bulan Juli 2022, Sakura Wedding menangani 24 acara pernikahan. Dalam sehari bahkan ada sampai 3 acara pernikahan.

"Sebenarnya kita itu menangani semua event ya. Namun semenjak pandemi, beberapa event tidak bisa digelar, akhirnya kita mulai menggarap acara pernikahan. Dari sini kemudian banyak masyarakat yang mengenal kita dengan Sakura Wedding," ungkap Riano.

Namun, jalan menuju sukses itu tidak mulus. Mahasiswa lulusan Ekonomi Universitas Jember ini harus jatuh bangun menjalankan usaha EO-nya. Tetapi, saat jatuh, Riano tidak pernah menyerah. Berusaha untuk kembali bangkit menjadi modal utama Riano dalam membangun bisnis tersebut.

Riano mengatakan, ada kenikmatan tersendiri dalam membangun usaha Event Organizer yang telah dijalaninya selama hampir tiga tahun. Ia merasakan kenikmatan bekerja sekaligus hangout yang dihadirkan ketika sedang mengemas acara di restoran dan hotel.

Meskipun seringkali ia merasa sangat kelelahan, namun di balik itu tersimpan rasa bangga dan gembira ketika event yang dikerjakan sukses. Terlebih ketika bisa bekerja sama dengan partner yang menyenangkan.

Saat ditanya mengenai modal awal yang dibutuhkan, Riano memastikan membentuk sebuah event organizer itu tidak membutuhkan modal yang besar. Sebab biasanya, dia hanya mengonsep acara sedangkan anggaran berasal dari pihak penyelenggara.

Soal iklim persaingan, Riano menyatakan hal itu tidak bisa dihindari. "Iya namanya pesaing itu pasti ada ya. Ada yang bilang Sakura Wedding tidak profesional dan segala macam. Saya diam dan membuktikannya dengan karya," tutur Riano.

Ke depannya, Riano menjelaskan bahwa dirinya berupaya untuk dapat bertahan dan terus mengembangkan bisnisnya dengan berbagai tantangan yang muncul. Menggaet konsumen lebih banyak lagi, tentu menjadi tujuannya. Namun, Riano tetap mengutamakan kualitas dengan selalu bekerja sepenuh hati dan memberikan yang terbaik agar dapat selalu memenuhi kepuasan pengguna jasanya. 

"Ke depan, ingin menjadikan Sakura Organizer lebih besar lagi. Jika saat ini setiap ada event, Riano selalu mengambil jasa freelance, sekarang ingin memiliki pegawai tetap, yang khusus menangani event yang diterima Sakura," kata Riano di akhir perbincangan dengan tadatodays.com. (mel/why)