Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2022-04-10 13:22:16

Beredar Video Yel-yel “Pak Timbul Bupati”, Pertanda Kembali Usung Timbul?

PEMANASAN: Yel-yel "Pak Timbul Bupati" itu diteriakkan oleh kader DPI Perjuangan yang hadir dalam rapat Tiga Pilar yang digelar DPC PDI Perjuangan Kabupaten Probolinggo, Jumat (8/4/2022) malam. Rapat tersebut juga dihadiri Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari Wibisono.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - DPC PDI Perjuangan Kabupaten Probolinggo menggelar Rapat Tiga Pilar di kantor DPC setempat, Jumat (8/4/2022) malam. Rapat tersebut diwarnai yel-yel “Pak Timbul Bupati”. Video yel-yel itu beredar di media sosial. Lalu, apakah yel-yel tersebut menandakan bahwa PDI Perjuangan akan mengusung Timbul sebagai bakal calon bupati (bacabup) Probolinggo di Pilkada 2024 mendatang?

Untuk mengetahui tujuan dibuatnya yel-yel tersebut, tadatodays.com mengonfirmsi Sekretaris DPC PDI Perjuangan Didik Irfan, Sabtu (9/4/2022).

Baca Juga : Pemkab Probolinggo Meraih WTP Kali Kesembilan Berturut-turut

Didik membenarkan soal video berdurasi 17 detik itu. Ia mengatakan bahwa isi yel-yel tersebut dibuat oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur yang hadir di acara tersebut, Sri Untari Bisowarno. Untari -sapaan Sri Untari Wibisono- juga yang memberikan kode saban teriakan yel-yel dilakukan.

Baca Juga : Pemkab Probolinggo Raih WTP Kali Kesembilan Berturut-turut

Sebelum “Pak Timbul Bupati”, yel-yel itu diawali dari “PDI Perjuangan Merdeka”. Lalu, “Ibu Mega Jaya”, “Ibu Puan Presiden”, dan terakhir “Pak Timbul Bupati”.

Urutan yel-yel tersebut seakan dibuat secara hierarki. Dimana, diawali dari nama partai, kemudian fungsionaris tertinggi  partai, hingga fungsionaris partai di tingkat kabupaten. Bahkan, yel-yel itu seperti menandakan bahwa Puan Maharani yang akan diusung PDI Perjuangan sebagai bakal calon presiden. Begitu juga dengan yel-yel yang seakan menandakan bahwa Timbul Prihanjoko akan diusung sebagai bacabup 2024.

Akan tetapi, Didik Irfan membantah bahwa yel-yel tersebut merupakan bagian dari keputusan partai dalam menghadapi Pilkada Kabupaten Probolinggo 2024 mendatang. Ia menyebutkan bahwa yel-yel itu hanya spontanitas. Karena sampai saat ini, tidak ada sangkut pautnya dengan rencana pengusungan Timbul sebagai calon bupati di 2024 mendatang. "Hanya motivasi dan spontanitas saja," tuturnya.

Didik menerangkan bahwa dalam rapat tersebut, PDI Perjuangan masih fokus membahas kemenangan Pemilu 2024 mendatang. Khususnya, menargetkan perolehan 10 kursi DPRD Kabupaten Probolinggo dengan. Diketahui, saat ini partai berlambang banteng moncong putih itu memiliki 5 kursi parlemen. "Tidak membahas mengenai pilkada," tegasnya

Hal senada juga dikatakan olej Timbul Prihanjoko. Pria yang saat ini menjabat sebagai Plt. Bupati Probolinggo itu mengatakan kalau yel-yel itu hanyalah “senam politik” saja. "Sehingga target kemenangan pemilu dapat dicapai," ucapnya.

Saat ditanya mengenai kesiapannya jika PDI Perjuangan mengusung dirinya sebagai bacabup 2024 mendatang. Timbul menjawab bahwa sebagai petugas partai tetap harus melaksanakan apa yang menjadi keputusan partai. Menurutnya, sebagai seorang kader harus siap jika ditempatkan dimana saja. Baik ditempatkan pada eksekutif ataupun legislatif.

Namun sampai saat ini DPC PDI Perjuangan masih belum membahas tentang pilkada 2024. Partainya, kata Timbul, masih fokus terhadap target kemenangan 10 kursi di DPRD setempat. "Kita lihat saja nanti,” ujarnya. (zr/don)