Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2021-01-15 17:42:02

Bergoyang di Jalanan, Empat Truk Diamankan

DITILANG: Satlantas mengamankan empat unit truk yang ugal-ugalan, saat melaju di wilayah hukum Polres Probolinggo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Satlantas Polres Probolinggo mengamankan empat kendaraan truk muatan cabai, karena dinilai membahayakan lalu lintas. Selain kebut-kebutan di jalanan, empat truk dengan warna nyentrik itu juga disebutkan melaju sambil digoyang.

Empat truk yang diamankan itu, yakni Nopol N 8049 TK warna putih biru, Isuzu Putih nopol AD 1495 HN, Mitsubishi warna kuning nopol M 8146 UH dan Mitsubishi warna kuning Nopol N 9132 UN. Sementara untuk pengemudinya berasal dari Probolinggo, Situbondo dan Madura. Keempat truk itu kini telah diamankan di markas Satlantas Polres Probolinggo, Jl. Suroyo Kota Probolinggo.

Baca Juga : Gorong-gorong di JLU Rusak, Rekayasa Lalin Ditunda

Kasatlantas Polres Probolinggo, AKP Purwanto Sigit Raharjo mengatakan, empat truk itu dimankan di Jl Raya Pantura masuk wilayah Kecamatan Paiton hingga Kecamatan Gending. Diamankannya empat kendaraan itu atas kerja sama 3 satuan di Polres Probolinggo, Satuan Reskrim, Satuan Intelkam dan Satuan Resnarkoba

Baca Juga : Proyek Jembatan Kedungasem Segera Dikerjakan, Ada Rekayasa Lalin

Sigit mengatakan, empat truk itu melaju dengan cara tidak wajar, dimana pengemudi melakukan pelanggaran lalu lintas dengan kecepatan tinggi. “Membahayakan pengendara lainnya," kata Sigit, Jumat (15/1/2021) siang.

Pria dengan tiga balok di pundaknya itu menjelaskan, pengemudi truk muatan cabai itu kerap menggoyang kendaraan saat melaju di jalan raya. Untuk menunjukkan eksistensinya, aksi membahayakan itu kemudian direkam dan dikiirm ke wa grup tertentu.

Karena itu, para pengemudi dijerat dengan pasal 283 UU Lalu Lintas dengan ancaman satu bulan kurungan, dan denda Rp 750 ribu. Mereka juga dikenakan pasal 283 dan 297 dengan ancaman hukuman 1 tahun penjara, dan denda Rp 3 juta.

Selanjutnya, Sigit mengimbau kepada pengendara truk untuk tidak melakukan tindakan serupa. “Kepolisian akan melakukan penegakan hukum setiap hari,” tegasnya. (ang/don)