Tri Amelia Agustin Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-02 10:33:24

Beri Kemudahan, Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo Luncurkan Layanan Go Digital

INOVASI: Dukcapil Go Digital, aplikasi layanan online pengajuan dokumen kependudukan, inovasi baru dari Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Probolinggo.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Probolinggo kembali membuat inovasi baru yaitu sebuah aplikasi layanan online pengajuan dokumen kependudukan yang diberi nama "Dukcapil Go Digital”.

Layanan online pengajuan dokumen kependudukan ini untuk mendukung program pemerintah pusat dalam Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) dan warga Kabupaten Probolinggo untuk tertib dalam administrasi kependudukannya.

Baca Juga : Penghuni Lapas Jember Lakukan Perekaman e-KTP, Pastikan Mereka Punya Hak Pilih

Kepala dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Probolinggo Munaris menyampaikan bahwa Go Digital ini layanan baru setelah sebelumnya dispendukcapil kabupaten probolinggo meluncurkan beberapa layanan online lainnya.

“Tujuan dan sasarannya, lebih mendekatkan akses pelayanan kepada masyarakat untuk pengurusan dokumen kependudukan. Dari kepengurusan secara manual menjadi sistem online. Dengan menggunakan aplikasi Go Digital yang bisa diakses melalui website milik Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo,” terang Munaris.

Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk), terdapat prioritas sejumlah pelayanan. Diantaranya, menuntaskan program perekaman dan pencetakan KTP -Elektronik, akta kelahiran, meningkatkan kualitas pelayanan, mengoptimalkan data kependudukan, penerbitan dan pemanfaatan Kartu Identitas Anak (KIA), menjalankan sistem adminduk dan menyukseskan program Dukcapil Go Digital.

Sementara untuk layanan Go Digital ini lebih lanjut dijelaskan oleh kepala Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data pada Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo Wiwik Nursaidah. Pelayanan online ini bisa di akses pemohon melalui alamat website godigital.dispendukcapil.probolinggokab.go.id.

"Jadi pelayanan dari Dispendukcapil kami itu sebelumnya KTP-EL, KIA, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Surat Pindah dan Kedatangan melalui WhatsApp, saat ini sudah bisa dilakukan online.Setelah adanya layanan Go Digital ini pemohon yang ingin mengurus layanan kependudukan bisa langsung dari HP dengan alamat website yang kami sediakan," jelasnya.

Layanan Go digital diperuntukkan bagi pemohon yang datanya tidak bermasalah. Ada kalanya pemohon harus mengurus dengan datang ke kantor untuk memastikan kevalidan datanya.

"Nanti dengan mengakses alamat yang sudah ditentukan, pemohon akan mendapat tutorial pengisiannya. Kemudian di website akan ditetapkan kapan pemohon bisa mengambil dokumen yang dibutuhkan. Untuk pengambilan ini pemohon harus datang langsung ke kantor sesuai informasi yang ada di aplikasi," Kata Wiwik.

LANGSUNG JADI: Pelayanan semua dokumen langsung jadi di Desa Lumbang, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo.

Dengan adanya Go Digital ini, bukan serta merta meninggalkan pelayanan admistrasi kependudukan secara manual. Namun disaat kondisi pandemi Covid-19 saat ini, layanan online Go digital bisa mempermudah layanan kepada masyarakat. Masyarakat tidak perlu lagi datang dan antre mengurus administrasi kependudukan. Terlebih di Kabupaten Probolinggo penduduknya banyak yang tersebar di 24 Kecamatan.

"Ini bagian dari mendukung gerakan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan menghindari kerumunan dan tatap muka langsung. Dengan layanan online, ini memudahkan masyarakat untuk bisa menghemat waktu dan biaya," Tambah Wiwik.

Kendati demikian, pihak Dispendukcapil Kabupaten Probolinggo tidak memungkiri bahwa semua masyarakatnya paham akan keberadaan IT. Oleh karenanya, setelah Go Digital ini dapat di akses, nantinya secara bersamaan akan dilakukan sosialisasi ke berbagai pihak.

Sekedar informasi bahwa sebelumnya untuk layanan administrasi kependudukan online, Dispendukcapil telah melakukan pelayanan jemput bola yaitu pelayanan di desa dengan jebol paku desa, jebol lapas, jebol kawin si inem, jebol disko dan pak Rama. (*/mel/hvn)