Mochammad Angga


Wartawan Tadatodays.com | 2020-12-23 17:33:53

Berkunjung ke Kabupaten Probolinggo saat Tahun Baru? Siap-siap Di-Rapid Test Antigen

ANTISIPASI: Pemkab Probolinggo akan melakukan Rapid Test Antingen bagi warga luar kota yang berkunjung dan berwisata di Kabupaten Probolinggo, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Pemerintah Kabupaten Probolinggo menyiapkan layanan kesehatan dan Rapid Test Antigen, menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2021. Test untuk mendeteksi dini Virus Corona itu, diberlakukan bagi mereka yang memasuki dan akan berwisata di Kabupaten Probolinggo.

Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari, saat rilis di Pendapa Kabupaten pada Rabu (23/12/2020) mengatakan, pihaknya telah bersepakat dengan Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) tentang hal itu. Kebijakan tersebut juga tertuang dalam Intruksi Bupati nomor 661-662 terkait Izin Keramaian Sebelum Purna Covid-19.

Baca Juga : Kecamatan Kraksaan dan Paiton Sukseskan 1000 Rapid Test Antigen Masal

"Artinya, izin keramaian (berlaku) minimal sampai dengan 28 Januari 2021. Jika ada keramaian sebelum tanggal tersebut, TNI-Polri akan melakukan tindakan persuasif, hingga penindakan bila tetap melanggar," kata Bupati yang akrab disapa Tantri itu.

Baca Juga : Kraksaan dan Paiton Sukseskan 1000 Rapid Test Antigen Masal

Sementara terkait peralatan Rapid Tes Antigen, Tantri tak menyebutkan berapa jumlahnya. Yang pasti, peratan medis itu sudah disiapkan oleh Dinas Kesehatan setempat. Karena itu, ia memastikan bahwa Pemkab Probolinggo akan melakukan Rapid Test Antigen kepada pengunjung tempat wisata di Kabupaten Probolinggo.

"Kita lakukan di 4 pos pengamanan. Di antaranya, di Kecamatan Leces, Tongas, Kraksaan dan Paiton yang di disiapkan saat Operasi Lilin. Itu berfungsi sebagai bentuk edukasi masyarakat terkait protokol kesehatan," pungkasnya. (ang/don)