Zainul Rifan


Wartawan Tadatodays.com | 2021-09-16 13:18:36

Bersembunyi saat Dikepung Polisi dan Warga, Pencuri Motor Berhasil Ditangkap

DIBEKUK: Didik Budiarto (duduk) berhasil diamankan Polsek Gending setelah meninggalkan motor milik pemancing yang dicurinya. (foto: Polsek Gending)

PROBOLINGGO, TADATODAYS.COM - Polsek Gending berhasil mengamankan Didik Budiarto, warga Desa Randupitu, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Rabu (15/9/2021) kemarin, sekira pukul 14.30 WIB. Pria berusia 42 tahun itu diamankan lantaran kedapatan mencuri motor Yamaha Vixion di Desa Pesisir kecamatan setempat.

Kanit Reskrim Polsek Gending, Aipda Adi Sapta mengatakan penangkapan bermula saat pihaknya mendapat laporan dari masyarakat kalau di Desa Pesisir telah terjadi pencurian motor milik Muhammad Riski, 19, warga Desa Klenang Kidul, Kecamatan Gending.

Baca Juga : Buru Pelaku, Warga Berhasil Selamatkan Sapi Curian

Ceritanya, pada pukul 10.00 WIB, korban bersama keluarganya, termasuk mertuanya, Hamid berangkat memancing ke Desa Pesisir. Sesampai di lokasi, mereka langsung memarkirkan sepeda motornya di jalan dekat dengan tambak.

Baca Juga : Dalam 2 Menit, Besi Selokan Seberat 6 Kg di SMK Sore Raib

Mereka pun langsung langsung memancing. Sekira pukul 13.00 WIB. Hamid yang kebetulan tempat memancingnya berbeda dengan korban, disapa seseorang yang tak dikenal. Orang tersebut menggunakan kaus hitam motif putih. "Orang itu mengendarai motor Supra modif," terangnya pada tadatodays.com, Kamis (16/9).

Setelah menyapa, orang tersebut pergi menuju arah selatan. Tak berselang beberapa lama, orang itu muncul lagi dan menanyakan alamat Hamid. Tanpa menaruh curiga Hamid menjawabnya, lalu orang itu pergi ke arah barat.

Sekitar 30 menit kemudian, Rizki melihat motornya dibawa oleh orang berkaus hitam yang sebelumnya menyapa mertuanya.

Korban langsung berteriak. Namun karena jarak lokasi Rizki dan motornya cukup jauh sekitar 200 meter, pelaku langsung tancap gas dan korban tak berhasil mengejar.

Beruntung warga sekitar yang mengetahui kejadian tersebut turut melakukan pengejaran. Perangkat desa juga menghubungi pihak kepolisian. "Petugas bergegas menuju TKP," katanya.

Merasa terdesak, pelaku memilih meninggalkan motor tersebut dan melarikan diri. "Motornya itu Yamaha Vxion, nopol N 3686 QE Warna Hitam," jelas polisi berbadan tegap itu.

Mengetahui pelaku pergi meninggalkan motor milik korban, warga kemudian menjaga semua jalan keluar desa tersebut, hingga anggota Polsek Gending datang.

Petugas bersama warga bergegas mencari keberadaan pelaku, yang ditengarai masih bersembunyi. Sekitar pukul 14.30 WIB, petugas dan warga berhasil menemukan pelaku yang bersembunyi di bangunan tua di area tambak. Pelaku langsung digelandang ke Mapolsek Gending untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Saat ini pihak kepolisian masih melakukan pendalaman kasus tersebut. Apakah pelaku hanya sendirian atau ada pelaku lainnya, dan sudah melakukan pencurian di mana saja. (zr/don)