Tri Amelia Agustin Subandi


Wartawan Tadatodays.com | 2020-11-14 20:09:08

Bersolek, Sumber Sentong di Kota Probolinggo Kini Ramai Pengunjung

BUDIDAYA: Sumber Sentong kerap dijadikan lokasi pemancingan, karena itu secara berkala dilakukan tabur benih di lokasi ini.

Sumber mata air Sentong di Kelurahan Jrebeng Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo bersolek. Selain dibersihkan dari sampah, plengsengan di tepian mata air sentong juga diberi cat warna-warni. Karenanya tak heran jika di saat weekend, sumber mata air yang tidak kering meski kemarau panjang ini banyak dikunjungi wisatawan.

TRI AMELIA AGUSTIN SUBANDI, Wartawan Tadatodays

Baca Juga : Dapat Jatah Vaksin Covid-19, Wali Kota Probolingo Prioritaskan Tenaga Kesehatan

RATA-RATA pengunjung datang ke sini bersama dengan buah hatinya masing-masing. Berbagai macam aktivitas dilakukan pengunjung di sumber mata air Sentong. Ada yang memancing, berlayar dengan perahu, dan ada yang hanya duduk saja menikmati suasana alam.

Baca Juga : Diterpa Angin, Pohon di Jalan Mastrip Probolinggo Tumbang dan Picu Kemacetan

Amin Hasan Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Jrebeng Wetan Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo menceritakan bahwa awal mula sumber mata air Sentong ini dikenal karena dulunya merupakan aliran sungai. Sumbernya yang besar mengalir dari selatan. Karena tidak terawat lama kelamaan penampang sungai dipenuhi dengan tanaman enceng gondok.

"Jadi dulu sebelum ditata, banyak orang ketika masuk waktu isya lewat daerah sini takut dan tidak berani. Karena sepi dan tempatnya juga belum terawat," ujar Amin.

Selain dipenuhi dengan tanaman enceng gondok, sumber air Sentong ini juga menjadi jujukan bagi masyarakat yang hobi memancing. Melihat potensi inilah, kemudian Pokdarwis setempat berinisiatif mengelola sumber mata air Sentong. Dimulai dengan membersihkan sumber mata air dari tumpukan tanaman enceng gondok, kemudian ditebarkan beberapa benih ikan.

"Kami dibantu komunitas mancing Sumber Denting, bergotong royong membersihkan kawasan sumber dari enceng gondok. Mulanya kami tidak mengarah pada kawasan wisata, kami murni ingin melindungi atau konservasi dan penghijauan sumber mata air," tambah Amin Hasan.

Sumber mata air Sentong paling banyak dikunjungi warga ketika momen akhir pekan datang. Banyak pemancing dari luar kota yang meluangkan waktunya untuk memancing di sumber ini. Ada jam-jam tertentu di mana posisi ikan akan naik ke atas dan memudahkan para pemancing untuk membawa pulang hasil pancingannya.

"Masyarakat bebas memancing sepuasnya, asalkan alat pancing yang digunakan ramah lingkungan dan tidak memakai jaring. Kami berharap masyarakat ikut serta menjaga kawasan wisata Sumber Sentong," ujar Amin.

BERSIH-BERSIH: Sejumlah warga, santri dan pegawai Pemkot Probolinggo turut serta bersih-bersih seluruh sudut Sumber Sentong. Kini setelah bersih, lokasi ini layak dijadikan jujugan wisata.

Di kondisi pandemi saat ini, wisata Sumber Sentong menjadi salah satu alternatif jujukan wisatawan menghabiskan waktu liburnya. Sama halnya dengan wisata lainnya, masyarakat yang ingin mengunjungi Sumber Sentonh diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

"Bagi wisatawan kami mohon memakai masker, dan kami juga sudah menyediakan sarana cuci tangan. Serta beberapa himbauan telah dipasang di beberapa titik," tutup Amin.

Kedepan pokdarwis ini ingin kawasan Sumber Sentong menjadi lebih baik lagi. Seperti tersedianya pilihan permainan sepeda air dan membuat karamba. Oleh karenanya, Amin berharap ada peran serta pemerintah dalam mengembangkan Sumber Setong. (mel/hvn)