Andika Apriyanto


Wartawan Tadatodays.com | 2021-06-18 18:01:05

Bertemu Bupati Banyuwangi, Stafsus Presiden Bahas Disabilitas

SINERGI: Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani (kiri), saat berdiskusi dengan Stafsus Presiden Angkie Yudistia membahas disabilitas.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Angkie Yudistia, Staf Khusus (Stafsus) Presiden RI kunjungi Kabupaten Banyuwangi pada Rabu, (16/6/2021). Dalam kunjungannya itu, Angkie fokus membahas penyandang disabilitas bersama Bupati Ipuk Fiestiandani, di Pendapa Sabha Swagata Blambangan.

Angkie menyampaikan, pandemi Covid 19 seperti saat ini, para penyandang disabilitas yang paling merasakan dampaknya. Mulai dari penularannya, penyembuhan, maupun dampak secara ekonomi.

Angkie menyampaikan, berdasar data dari BPS, penyandang disabilitas nasional lebih dari 30 juta jiwa. Untuk di Jawa Timur saja sekitar 4,9 juta jiwa, "ini jumlahnya sangat besar sekali,"katanya.

Hal itulah yang menjadi perhatian utama Angkie selaku Stafsus Presiden untuk terus bersinergi bersama kepala daerah sesuai dengan amanah Presiden Joko Widodo.

Sinergitas yang dibutuhkan adalah bagaimana peraturan yang telah disahkan oleh Presiden sesuai dengan Undang Undang nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, dapat memperhatikan kelompok-kelompok penyandang disabilitas. Serta, setiap program yang dilaksanakan oleh masing-masing daerah, kususnya Kabupaten Banyuwangi, mampu diinklusikan oleh kelompok penyandang disabilitas.

Angkie menyampaikan, tahun ini pemerintah akan membentuk Komisi Nasional Disabilitas. "Insha Allah tahun ini, mohon dukungan," ujarnya. (dik/don)