Febri Wiantono


Wartawan Tadatodays.com | 2021-02-02 20:54:43

BMKG Imbau Warga Waspadai Cuaca Ekstrem

WASPADA: Prakirawan BMKG Banyuwangi, Gigik Nurbaskoro saat menunjukkan kondisi cuaca dalam tiga kari ke depan.

BANYUWANGI, TADATODAYS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, mengimbau warga agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi dalam kurun waktu tiga hari ke depan.

Prakirawan BMKG Banyuwangi, Gigik Nurbaskoro menyebut, cuaca ekstrem yang perlu diwaspadai yakni adanya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Baca Juga : BMKG Sebut Banyuwangi Berpotensi Terjadinya Gempa dan Tsunami

Gigik menjelaskan, potensi cuaca ekstrem itu terjadi antara siang hingga malam hari. Potensi itu bisa menyebabkan tanah longsor di dataran tinggi, sedangkan dataran rendah dan di dekat aliran sungai bisa berpotensi banjir. “Untuk itu perlu diwaspadai," kata Gigik, Selasa (02/2/2021).

Baca Juga : Wisata Pulau Merah Diterjang Angin Kencang

Dia menjelaskan, penyebab cuaca ekstrem itu dikarenakan ada tekanan rendah di wilayah Australia. Kondisi itu dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut. “Tak terkecuali di wilayah Jawa Timur, termasuk Banyuwangi,” katanya.

Faktor lain, lanjut Gigik, intensitas hujan yang terjadi akhir-akhir ini karena wilayah Banyuwangi sudah memasuki puncak musim penghujan yang berlangsung di bulan Januari hingga Februari. Selain itu, fenomena La Nina juga menambah intensitas dan volume curah hujan. (peb/don)